Serapan APBD Siak Baru Capai Angka 42 Persen

Serapan APBD Siak Baru Capai Angka 42 Persen
apbd

SIAK (RA) - Masih rendahnya serapan APBD Kabupaten Siak Tahun anggaran 2016 yang baru bertengger diangka 42 Persen tersebab payahnya  anggaran turun dari pusat masuk ke kas Daerah.

"Sebenarnya kalau kita mengacu kepada perjalanan waktu untuk Tahun anggaran 2016 ini yang sudah mendekati penghujung Bulan Agustus seharusnya angka serapan ABPD selayaknya sudah diatas angka 60 Persen," ujar Sekda Siak Drs HTS Hamzah MSi kepada Rakyat Riau ketika ditemui diruang kerjanya, Kamis (25/8)

Diakui Sekda, bahwa serapan APBD yang baru sampai diangka 42 Persen  kalau melihat perjalanan waktu hingga sampai sekarang seharusnya sudah diatas 60 Persen. "Tapi inilah fakta dan kondisi yang sebenarnya yang telah berhasil kita lakukan," ucapnya.

Namun walaupun demikian masih tergolong rendahnya serapan APBD ini bukan berarti berbagai kegiatan atau program yang tidak jalan di lapangan. Sebenarnya ini bermuara dari sulitnyanya dana yang turun dari pusat masuk ke kas Daerah.

Jika seandainya ada pihak yang kurang mengerti, mungkin bisa saja mereka berasumsi persoalan ini terletak di tangan Pemerintah Daerah. "Kalau kalau kita berkaca kepada keberhasilan Pemerintah Daerah dalam mengelola keuangan untuk berbagai kegiatan yang ada lewat program yang tersajikan selama ini, saya kira cukup baik dan sangat lancar," tukasnya.

Dia mengatakan, hal seperti ini sudah dirasakan sejak tahun anggaran 2015. Disamping itu juga dengan kondisi keuangan negara yang paceklik ini, tentunya membuat Daerah semakin ekstra hati-hati dalam menggunakan anggaran APBD.

Menurut dia, sampai saat ini belum bisa dipastikan berapa lagi sebenarnya angka finalnya APBD tahun anggaran 2016 ini. "Kan tidak bisa juga kita membuat asumsi umpamanya, sekian, kan tidak seperti itu. Kita akan tetap tunggu angka pastinya. Oleh sebab itu, karena rasionalisasi anggaran masih terus berlangsung, sementara untuk penyesuaian anggaran masih dilakukan bongkar pasang, jadi mana kegiatan yang sifatnya tidak mendesak dipending dulu dan diutamakan yang skala prioritas," pungkasnya.

Terakhir dia menyebutkan, guna mendapatkan angka pasti terhadap anggaran APBD Kabupaten Siak Tahun anggaran 2016 pasca rasionalisasi anggaran yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah, bisa dilihat pada pengesahan Anggaran perubahan nanti. Dari situ nanti baru bisa ketahuan berapa tinggal APBD Tahun 2016 ini. (jas)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index