Disperindag Tunggu Arahan Pusat Terkait Kelanjutan Plastik Berbayar

Disperindag Tunggu Arahan Pusat Terkait Kelanjutan Plastik Berbayar
ilustrasi

PEKANBARU (RA) - Kebijakan kantong plastik berbayar untuk sementara ini dihentikan. Karena saat ini masih tahap evaluasi apakah akan dilanjutkan atau tidak.
 
Kabid Perdagangan Disperindag Pekanbarun Mas Irba H Sulaiman mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan informasi bahwa plastik berbayar akan dilanjutkan.
 
"Informasinya, akan dilanjutkan. Tapi kami masih menunggu surat resminya dari kementerian," katanya, Rabu (10/8).
 
Sebelum pemberlakukan plastik berbayar tersebut dilanjukan, Irba meminta agar pertanggungjawaban hasil realisasi dari uji coba plastik berbayar yang dilakukan beberapa waktu lalu. Jika perlu, Pihaknya akan mengumpulkan para pengusaha untuk mempertanyakan hal tersebut.
 
"Kita akan pertanyakan hal itu kepada mereka, menurun atau tidak pengguna plastik pasca diterapkan kantong plastik berbayar kemarin. Jika memang ada penurunan maka berapa persen dan jika sebaliknya juga berapa persen. Yang jelas kita disini bicara angka. Ayo kita diskusikan," tutur Irba.
 
Jika memang antara kuantitas dan biaya yang dikeluarkan tidak sebanding, maka pihak Disperindag akan meminta Pemerintah pusat untuk mengevaluasi kebijakan plastik berbayar ini.
 
"Kalau tidak jelas peruntukkannya kami keberatan dan sudah dilaporkan ke pak wali. Selama ini, uang yang dipungut itu juga masih dipertanyakan kemana larinya," tutupnya. (YAN)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index