Pekanbaru Hanya Miliki 7 Pos Pembantu Pemadam Kebakaran

Pekanbaru Hanya Miliki 7 Pos Pembantu Pemadam Kebakaran
ilustrasi

PEKANBARU (RA) - Luasnya wilayah serta padatnya penduduk Kota Pekanbaru, tidak sebanding dengan pos pembantu pemadam kebakaran yang sudah tersedia. Pasalnya pada saat peristiwa kebakaran terjadi Badan Penanggulangan Bancana dan Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru harus bergerak cepat.

Kepala Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru, Burhan Gurning mengakui jika keberadaan pos pembantu pemadam kebakaran di tiap kecamatan sangat diperlukan  jika terjadi peristiwa kebakaran.

“Dari 12 Kecamatan yang  ada di Pekanbaru,  hanya 7 diantaranya yang sudah memiliki pos pemadam kebakaran. Seperti Kecamatan Tenayan Raya, Payung Sekaki, Bukit Raya, Sail, Tampan, Sukajadi dan Rumbai serta posko induk di Kecamatan Senapelan. Sedangkan sisanya belum,” ujarnya, Minggu (7/8).

Menurut Gurning, jumlah pos pembantu tersebut masih sangat kurang jika dibandingkan luas dan padatnya penduduk Pekanbaru saat ini. Pasalnya, secara maksimal untuk upaya pemadaman dibutuhkan jarak tempuh yang tidak terlalu lama ke tempat kejadian kebakaran.

“Tahun ini, kami sudah mengajukan usulan bantuan pembangunan pos pembantu pemadam kebakaran kepada pusat. Masing-masing untuk Kecamatan Marpoyan Damai dan juga Rumbai. Namun masih belum ada kepastian, apakah usulan tersebut dapat dipenuhi pusat atau tidak,” jelas Gurning.

Yang pasti dikatakan Gurning, jika permohonan bantuan disetujui maka realisasi fisik bisa dilaksanakan di tahun 2017 mendatang.

Ketika ditanya, apakah ada kemungkinan dianggarkan melalui APBD Kota Pekanbaru saja, Gurning mengatakan sangat bisa namun tentunya dengan kondisi keuangan yang tidak stabil ini Pemko lebih memprioritaskan untuk keperluan mendesak.

“Kita hanya menargetkan minimal tahun depan sudah ada tambahan pos pembantu kebakaran yang dibangun,” tutupnya. (YAN)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index