Akhir Agustus, Penghulu Terpilih Pilkades Dilantik

Akhir Agustus, Penghulu Terpilih Pilkades Dilantik
ilustrasi

BAGANSIAPIAPI (RA) - Penghulu terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak, 17 Juli lalu akan dilantik akhir Agustus besok. Saat ini, Panitia Pilkades Serentak Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tengah memperisiapkan pelantikan terhadap 66 datuk penghulu.

Demikian dikatakan Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Rohil, H Rusli Syarif SSos MSi di Bagansiapiapi. Pihaknya akan mengajukan dua usulan tentang sistem pelantikan kepada Bupati Rohil, H Suyatno Amp.

"Kita akan ajukan dua usulan terkait sistem pelantikan datuk penghulu kepada Pak Bupati. Usulan pertama yakni melakukan pelantikan secara serentak yang diadakan langsung di kabupaten. Sedangkan usulan kedua pelantikan dilakukan per rayon di tiap kecamatan agar masyarakat di tiap kepenghuluan bisa menyaksikannya secara langsung pelantikan," ungkap Rusli Syarif.

Dijelaskan Pelaksana tugas (Plt) Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Rohil ini, saat ini masih ada satu kepenghuluan yakni kepenghuluan Balam Sempurna, Kecamatan Balai Jaya yang masih bersengketa dan masih dalam proses tahap penyelesaian tim monitoring kabupaten. Jika masalah ini belum selesai, maka secara otomatis pelantikan serentak akan tertunda.

"Kalau Balam Sempurna tak selesai masalahnya, ya kita tunggu. Karena ini pemilihan serentak, kita tunggu sampai selesai," tuturnya.

Ketika disinggung laporan warga mengenai adanya penggunaan identitas palsu oleh penghulu terpilih di Kepenghuluan Darussalam Kecamatan Sinaboi, Rusli tidak mempersoalkan masalah itu.

Menurutnya hal itu sudah termasuk ke ranah hukum dan harus diselesaikan secara hukum oleh pihak kepolisian. Hal itu, tidak akan mengganggu proses pelantikan serentak yang telah direncanakan.

"Mengenai laporan di Kecamatan Sinaboi, itu sudah urusan pidana. Kalau masalah administrasi baru kita yang menyelesaikannya," pungkasnya. (hms)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index