22 Gay terinfeksi HIV tersebar di Sukabumi

22 Gay terinfeksi HIV tersebar di Sukabumi
Ilustrasi LGBT.
NASIONAL (RA) - Sebanyak 22 lelaki suka lelaki (LSL) atau gay di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat positif mengidap HIV. Mereka tersebar di beberapa kecamatan di daerah ini.
 
"LSL merupakan salah satu kelompok masyarakat rawan tertular HIV, bahkan sejak 2013 jumlah gay yang ada di Kabupaten Sukabumi yang tertular HIV terus meningkat," kata Seketaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sukabumi, Asep Surahman di Sukabumi, Selasa (2/8).
 
Menurut dia, untuk mengantisipasi penyebaran HIV khususnya di kalangan LSL, pihaknya secara rutin memberikan pembinaan dari segi moral maupun agama. Sebab, pihaknya menganggap LSL merupakan salah satu penyakit kelainan seks, tetapi masih bisa disembuhkan dengan berbagai metode pendekatan.
 
Seperti diberitakan Antara. Dari data yang dimilikinya, di Kabupaten Sukabumi terdapat ribuan LSL tersebar di berbagai kecamatan. Maka dari itu, pihaknya melakukan pelbagai upaya pencegahan guna menekan jumlah gay tertular HIV.
 
"Pemberian sosialisasi secara rutin dan pembinaan diharapkan mampu mengubah gaya hidup LSL sehingga bisa kembali berperilaku normal, walaupun sulit tetapi kami akan terus berupaya," tambahnya.
 
Asep mengatakan, upaya dilakukan tidak hanya memberikan sosialisasi, tetapi juga diberdayakan seperti dengan diberikan pelatihan sesuai dengan kemampuan. Di antaranya membuka salon, berdagang dan lain-lain.
 
Dengan diberdayakan, lanjut dia, kaum gay akan lebih banyak melakukan kegiatan positif. Sehingga tidak lagi turun ke jalan dan beresiko terhadap penyebaran atau penularan HIV.(merdeka.com)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index