Lomba Masak Berbahan Ikan

Kecamatan Tualang Raih Juara Umum

Kecamatan Tualang Raih Juara Umum
Para perserta lomba memasak berbahan Ikan yang ditaja Forikan Kabupaten Siak.

SIAK (RA) - Forikan Kabupaten Siak bekerja sama dengan Dinas Peternakan Perikanan dan  Kelautan Kabupaten Siak menggelar Lomba Masak berbahan dasar serba ikan, Kamis (28/7) di Balairung Datuk Empat Suku komplek Abdi Praja.

Saat dijumpai, Ketua Forikan Kabupaten Siak Ny Rasidah Alfedri mengatakan kegiatan yang setiap tahunnya diselenggarakan ini mengambil tema "Dengan gerakan memasyarakatkan makan ikan kita tingkatkan kesejahteraan dan kecerdasan masyarakat kabupaten Siak".

"Maksud dan tujuan acara ini untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam mengelola masakan dari sumber serba ikan. Serta menghasilkan masakan yang mengundang selera serta mempromosikan keanekaragaman bahan pangan dan menyebarluaskan kandungan yang bergizi baik dalam aneka ikan," jelas Rasidah.

Penilaian berdasarkan dari cara menghidangkan, inovasi masakan, citra rasa dan kebersihan. Kita nilai secara objektif tidak ada unsur suka atau tudak suka.

"Saya berharap agar masyarakat kabupaten Siak gemar untuk mengkonsumsi ikan, karena menurutnya kandungan protein pada ikan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein pada ikan dapat mudah di cerna oleh tubuh, dan mempengaruhi kecerdasan anak." ujarnya.

Dia berharap kedepan generasi penerus Siak menjadi anak yang cerdas sehat dan kuat. "Mudah-mudahan Tahun ini kita bisa mewakili provinsi Riau untuk lomba tingkat nasional, tahun lalu tingkat provinsi Riau Forikan Kabupaten Siak meraih juara umum," harapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Siak Ny Misnarni Syamsuar selaku pembina Forikan kabupaten Siak mengatakan, kegiatan ini bisa menjadi salah satu usaha produktif keluarga. Kemudian dapat menambah kreatifitas maupun pemahaman mengenai pengolahan makanan serba ikan.

Peserta lanjut Dia, bisa saling tukar menu dan bahkan mungkin bisa tercipta menu baru. "Lomba memasak berbahan ikan ini dapat membuat para suami betah dirumah, dikarenakan para istrinya gemar memasak. Anak-anak pun jadi suka makan ikan karena pengolahan menunya begitu variatif," katanya.

Para peserta yang berasal dari 14 kecamatan se-Kabupaten Siak ini  menyajikan menu yang sudah ditetapkan. Dengan kreatifitas dari masing-masing peserta mengolah menu makanan yang sangat menarik dan bervariasi.

Akhirnya setelah melakukan penilaian, tim juri memutuskan pemenang lomba masak berbahan dasar ikan. Pemenang dibagi tiga kategori, Kategori Balita Juara I kecamatan Tualang, Juara II kecamatan Siak, dan Juara III kecamatan Dayun.

Untuk kategori Kudapan, juara I diraih Kecamatan Tualang, Juara II dari Kecataman Koto Gasib, dan Juara III Kecamatan Siak. Sementara untuk kategori Keluarga, Juara I dari Kecamatan Tualang, Juara II Kecamatan Lubuk Dalam, dan Juara III Kecamatan Koto Gasib.

Hadiah berbentuk tropi dan uang pembinaan, untuk juara I sebesar Rp. 4.500.000, juara II Rp. 3.000.000,0 dan juara III Rp. 2.500.000,- belum dipotong pajak. (JAS)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index