Anggaran Terbatas, Loyalitas dan Kinerja PNS Mulai Dipertanyakan

Anggaran Terbatas, Loyalitas dan Kinerja PNS Mulai Dipertanyakan
ilustrasi

SELATPANJANG (RA) - Loyalitas dan kinerja masing-masing pejabat di lingkungan Pemkab Meranti saat ini dinilai patut dipertanyakan. Pasalnya, dengan segala keterbatasan saat ini, dapat dibuktikan siapa saja pegawai dan pejabat yang masih memiliki komitmen untuk membangun Kepulauan Meranti ke depan.

Hal itu juga yang akan dijadikan dasar dalam melihat kinerja masing-masing PNS dan seluruh pejabat dilingkungan Pemkab Meranti. Itu karena dengan kondisi yang terjadi saat ini, komitmen yang tinggi sangat dibutuhkan.

"Memang, saat ini kondisi keuangan daerah sangat minim dan terbatas. Pada saat inilah kami bisa melihat mana saja pegawai dan pejabat yang punya loyalitas dan komitmen yang tinggi dalam membangun Meranti," kata Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, beberapa waktu lalu.

Menurutnya jika PNS dan pejabat tidak dapat bergerak dan bekerja seperti biasanya dan malah hanya memanfaatkan waktu bekerja dengan nongkrong di kedai kopi, hal itu patut dipertanyakan. Sebab, cukup banyak pekerjaan yang harus dikerjakan dan dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Pada saat ini dibutuhkan kreativitas PNS dan pejabat kita. Termasuk dibutuhkan juga peran PNS dalam memberikan pelayanan," kata Irwan lagi.

Namun jika hanya mementingkan proyek saja, pegawai dan pejabat tersebut patut dievaluasi sehingga tidak merugikan daerah nantinya.

"Kalau setelah ada proyek baru bergerak, maka pegawai itu tidak memiliki konsistensi dalam bekerja. Karena mereka digaji setiap bulan untuk bekerja," ujar Irwan.

Kondisi tersebut juga dikritik oleh Ketua DPRD, Fauzi Hasan SE. Menurutnya, memang saat ini kinerja pegawai di lingkungan Pemkab Meranti semakin menurun. Itu membuktikan banyak pegawai dan pejabat yang hanya bekerja di saat pemerintah punya anggaran melimpah.

"Kalau tunggu ada anggaran baru bekerja, siapa saja bisa. Seharusnya dengan kondisi sulit seperti saat inilah PNS dapat semakin meningkatkan kinerja masing-masing dalam rangka melaksanakan pembangunan di Kepulauan Meranti," kata dia.

Dia menegaskan, kepala daerah bisa menjadikan momen saat ini untuk mengevaluasi kinerja masing-masing pegawai dan pejabat. Karena, saat ini tidak banyak pegawai dan pejabat yang benar-benar masih bekerja dengan baik.

"Coba lihat saat ini, banyak sekali pejabat dan pegawai yang sudah mulai tidak memiliki semangat lagi dalam bekerja akibat anggaran terbatas. Seharusnya dengan kondisi saat ini, kinerja masing-masing pegawai dan pejabat semakin meningkat. Apalagi mereka tetap digaji setiap bulannya. Sebab mereka digaji untuk bekerja," tegas Ketua DPRD Kepulauan Meranti itu.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index