Seluas 148 Hektar Potensi Swasembada Beras

Bupati Yopi Akan Panen Raya Padi Sawah di Kelayang

Bupati Yopi Akan Panen Raya Padi Sawah di Kelayang
bupati inhu

RENGAT (RA) – Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura (Distan TPH) Pemerintah Kabupaten Inhu, Rahmat SP, MSi mengatakan direncanakan Kamis (28/7/16) Bupati Inhu Yopi Arianto akan menghadiri panen raya padi sawah bersama petani di Kecamatan Kelayang.

Sesuai dengan program Distan TPH Pemerintah Kabupaten Inhu, potensi produksi swasembada beras bukan hanya di Kecamatan Kuala Cinaku saja namun sudah termasuk di Kecamatan Kelayang. "Di Kecamatan Kelayang khususnya di Dua Desa sudah sangat potensi produksi swasembada beras kedepannya, dengan luas total 148 hektar," ujarnya kepada Wartawan Selasa (26/7) di ruang kerjanya.

Diterangkan, Dua Desa dari beberapa kelompok tani yang mengelolah lahan seluas 148 hektar comuditi padi sawah tersebut adalah Desa Teluk Sejuah dan Desa Dusun Tua Kecamatan Kelayang. “Jadi dari luas 148 hektar lahan comuditi padi sawah sudah seluruhnya dikelola kelompok tani tersebut," jelasnya.

Distan TPH Kabupaten Inhu, lanjutnya, terus melakukan pengembangan lahan pertanian tanaman pangan comuditi padi sawah termasuk, lahan pertanaian tanaman cimuditi jagung dan kacang keledai sesuai dengan program sekarang ini, dalam rangka meningkatkan produktifitas Pajale kedepan.

Dijelaskannya, dukungan sarana dan prasarana berupa alat pertanian baik itu dari Pemerintah Daerah sendiri hingga Pemerintah Pusat, untuk kelompok tani di Dua Desa dengan beberapa kelompok tani di Kecamatan Kelayang sudah difasilitasi.

Alat pertanian yang telah difasilitasi terhadap kelompok tani tersebut adalah berupa Hendtraktor, transplenter sudah ada serta alat pertanian berupa pawerpreser dan pompa air untuk lahan persawahan padi sawah tersebut.

"Bukan hanya alat-alat pertanian saja difasilitasi, termasuk juga irigasi di areal lahan pertanian padi sawah telah dibangun, tinggal niat dari petani untuk pengembangan pertanian tanaman pangan guna pertumbuhan ekonomi masyarakat petani kedepan," katanya.

Ia menegaskan, areal lahan pertanian tanaman pangan padi sawah seluas 148 hektar khususnya areal lahan padi sawah yang digelar panen raya tersebut paling rendah 3,8 ton perhektar dan paling tinggi sebanyak 6,5 ton perhektar.

"Adapun penyebab lahan areal padi sawah sampai 3,8 ton perhektar akibat kekurangan air khususnya diareal dataran tinggi, apalagi pada waktu penanaman musim kemarau akan mengalami produksi rendah," jelasnya.

Ditempat terpisah, Ka UPTD Pertanaian TPH Kecamatan Kelayang, Yasma Indra SP menambahkan, areal lahan pertanian padi sawah seluas 148 hektar di Kecamatan Kelayang di dua Desa dikelola oleh beberapa kelompok tani yakni kelompok tani Makmur Karya Bersama, Kelompok Tani Suka maju, Kelompok Tani Sejahtera Tani tepatnya di Desa Teluk Sejuah dengan total luas lahan padis sawah 48,5 hektar.

Selanjutnya, di Desa Dusun Tua dengan kelompok tani Sumber Rezeki, Kelompok Tani Sialang Datai, Kelompok Tani Pulai Rezeki dengan luas areal lahan sebanyak 52,5 hektar serta juga Desa Dusun Tua Pelag kelompok tani Sepakat Tolang.
 
"Sedangkan di Desa Pulau Sengkilo, kelompok tani Bia Usaha  Sejahtera dengan luas areal lahan pertanian padi sawah seluas 47 hektar," terangnya. (Ob)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index