Bupati Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Bagansiapiapi

Bupati Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Bagansiapiapi
bupati beri bantuan

BAGANSIAPIAPI (RA) – Bupati Rokan Hilir H Suyatno, menyerahkan bantuan bagi korban kebakaran di Jalan Tanah Putih Kelurahan Bagan Kota, Kecamatan Bangko Bagansiapiapi Rokan Hilir Senin (25/7). Usai menyerahkan bantuan bupati didampingi anggota DPRD Rohil H Tatang hartono dan Plt Sekda serta jajaranya melihat kondisi lokasi rumah yang terbakar milik
warga.

Dalam penyerahan bantuan itu, Bupati didampingi Kepala badan penanggulangan bencana daerah (BPBD), Kadis Sosial, para asisten, anggota DPRD Rohil, Kabag Humas, Camat Bangko, serta disaksikan oleh masyarakat setempat.

Penyerahan bantuan dilakukan di TK Negeri Pembina, tidak jauh dari lokasi kebakaran. Dikatakan Bupati bahwa bantuan ini agak terlambar, karena kebakaran terjadi, Jum’at (22/7) pekan lalu, "karena saat kejadian, saya bersama sejumlah pejabat lainnya sedang tugas keluar daerah, ada acara halal bi halal dengan masyarakat Rohil di Pekanbaru, setelah itu menunggu Menteri Dalam Negeri di Ujung Tanjung," jelas Suyatno.

Meski terlambat, bantuan dimaksud diharapkan Suyatno bisa meringankan beban korban kebakaran, dan dia berjanji akan mengupayakan tambahan bantuan dari Pemerintah Provinsi Riau.

Untuk korban kebakaran, Suyatno menawarkan tempat tinggal sementara di restlemen yang ada di belakang rumah almarhum Ramli Harofi, namun memang kondisinya belum dalam siap betul air dan listrik belum ada, Bupati berpesan kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan berhati hati terutama terkait bahaya kebakaran.

"Yang sering jadi pemicu dalam kebakaran biasanya karena instalasi listrik yang tidak beres dan lupa mematikan kompor gas sehabis memasak, ini tolong diperhatikan," ujar Bupati, seraya meminta bagi korban bencana agar tetap sabar dan tabah dalam menerima cobaan.

Bupati mengatakan, akan menganggarkan pengadaan mobil Damkar dalam APBD-P dan APBD TA 2017 mendatang. "Pemerintah turut prihatin atas musibah ini namun tidak akan tinggal diam, dan akan memperhatikan setiap kejadian yang menimpa masyarakat," ujar Bupati.

Bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah berupa karung beras, tikar, peralatan dapur, tempat pakaian, perlengkapan sekolah, selimut, sarung, tenda gulung, makanan siap saji, lauk pauk, serta tambahan gizi.

"Pada hari ini dimana bantuan yang diberikan pemkab kepada korban kebakaran tersebut, masing-masing beras, tupperware, Cupperware, tenda, selimut, panci, rantang, sarden, mie instan, gula, teh, kopi, kuali, matras, seragam sekolah," jelasnya.

Bantuan tersebut langsung diserahkan secara simbolis oleh Bupati kepada korban kebakaran. Bupati Rokan Hilir, H Suyatno Amp menyebutkan, bahwa bantuan yang diberikan kepada korban kebakaran tersebut adalah merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada warga masyarakat yang tertimpa musibah.

"Ini adalah merupakan bentuk perhatian dan kepedulian kita pemerintah Rokan Hilir atas musibah kebakaran yang terjadi,"kata Suyatno.

Sementara itu pihak pemerintah Kecamatan Bangko sangat berterima kasih atas bantuan dan perhatian pemerintah daerah, pasca musibah terjadi. Mereka berharap kiranya pemerintah juga memberikan bantuan mendirikan rumah dan pengadaan Damkar bagi wilayah bangko.

Sebelumnya, Camat Bangko, Jualianda S Sos melaporkan, 12 KK rumah warganya habis terbakar di Kelurahan Bagan Kota, ditambah 2 buah rumah dalam keadaan rusak berat,lalu 6 rumah di Kelurahan Bagan Timur yang terkena imbas kebakaran.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index