Mata perih usai berenang? Bisa jadi ini penyebabnya

Mata perih usai berenang? Bisa jadi ini penyebabnya
ilustrasi berenang
RAGAM (RA) - Bagi pehobi renang masalah mata perih usai berenang mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Namun, bagi orang yang jarang berenang, bisa jadi akan menduga yang tidak-tidak saat matanya terasa perih usai berenang.
 
Mata perih setelah berenang memang tidak bisa disepelekan. Sebab, menurut Davis, dokter UGD di Meadowlands Hospital Medical Center, New Jersey, hal tersebut bisa diakibatkan oleh klorin yang ada pada air kolam. Penggunaan klorin sendiri difungsikan untuk membersihkan air dari kotoran maupun bakteri.
 
Kendati demikian, dampaknya bisa membuat mata kering. Jika sudah begitu, beberapa tips berikut ini bisa dicoba.
 
Bilas Sesudah Berenang
 
Usai berenang, segera bilas bagian wajah, terutama mata dengan air bersih. Tujuannya untuk membebaskan mata dari klorin. Lakukan setidaknya 15 menit usai keluar dari kolam renang.
 
Hindari Lensa Kontak
 
Bagi pengguna lensa kontak, sebaiknya tidak menggunakannya sementara waktu saat sedang berenang. Lepaskan terlebih dulu lensa kontak tersebut. Sebab, jika dipaksakan akibatnya dapat membuat celah antara lensa kontak dan mata menjadi terisi air dan berisiko menjadi tempat perkembangbiakan virus dan bakteri.
 
Gunakan Kacamata Renang
 
Memakai kacamata renang bukan saja untuk menambah gaya, tetapi juga dapat membantu menghindarkan gangguan mata akibat klorin. Pilih kacamata yang pas, agar tak hanya bisa menjauhkan mata kering, namun juga membuat pandangan lebih leluasa saat berada di dalam air.
 
Gunakan Tetes Mata
 
Cara lain yang bisa dicoba adalah menggunakan tetes mata. Obat tetes mata dibuat khusus agar menyerupai air mata. Selain itu, fungsinya dapat membantu mengatasi mata kering. Salah satu tetes mata terbaik yang dapat dicoba adalah Braito Tears.
 
Obat tetes mata ini dapat membantu menyegarkan mata yang kering. Teteskan 1-2 tetes pada kedua mata, selama 2-3 kali sehari. Jika mata tetap sehat dan bebas gangguan, maka berenang selama apapun tak akan sampai menjadi hambatan.(merdeka.com)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index