Pemko Usulkan Tiga Pasar Rakyat ke Pusat

Pemko Usulkan Tiga Pasar Rakyat ke Pusat
Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman

PEKANBARU (RA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengusulkan tiga pasar rakyat ke Pemerintah pusat. Usulan anggarannya akan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dana Tugas Pembantuan (TP).

“Ada tiga usulan Pasar 50, Pasar Teuku Kasim, dan Pasar Teratai,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman, Minggu (24/7).

Disebut Irba, usulan anggaran tiga pasar ini akan diusulkan ke Dirjen Perdagangan dan Perindustrian. "Untuk nilai anggarannya bervariasi dan tidak sama. Hal ini tergantung pada kondisi pasar yang akan diusulkan. Mulai dari Rp 15 miliar, Rp 5 miliar, dan 10 miliar," katanya.

Irba katakan untuk pasar Teuku Kasim direncanakan akan dibangun baru dengan nilai Rp 15 miliar. “Sedangkan yang pasar 50 dan Teratai revitalisasi aja,” katanya.

Usulan tersebut diperuntukkan pada tahun 2017. "Kementerian masih membuka peluang. Ada dua dana DAK dan Dana TP. Tetap yang memutuskan dari pusat," sebutnya.

Dana revitalisasi pasar tersebut bersumber dari APBN melalui DAK dan dana TP. Pembangunan pasar melalui dana TP berdasarkan usulan proposal kabupaten dan kota ke Kementrian Perdagangan melalui Dinas Perdagangan Provinsi Riau.

Revitalisasi pasar merupakan program Presiden Joko Widodo selama pemerintahannya. Setiap tahun dicanangkan ada 1000 pasar yang direvitalisasi, artinya ada 5.000 program revitalisasi pasar rakyat hingga 2018. (YAN)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index