CJH Pekanbaru Mulai Divaksin Meningitis

CJH Pekanbaru Mulai Divaksin Meningitis
ilustrasi

PEKANBARU (RA) - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mengatakan terhitung tanggal (19/7) kemaren mulai melakukan vaksinasi Meningitis bagi ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) asal wilayalah setempat.

"Ini pengecekan kesehatan tahapan dua atau terakhir yang dilakukan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Cek kesehatan CJH sekaligus dilakukan suntik vaksin meningitis," kata Koordinator Adminsitrasi Haji Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Hamdan di Pekanbaru.

Hamdan menerangkan pemeriksaan kesehatan para CJH dilakukan di Puskesmas Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru.

"Ratusan CJH Kota Pekanbaru dari 12 Kecamatan kembali diperiksa kesehatannya sebelum pemberian vaksin," kata Hamdan.

Menurutnya pada tahap dua ini ada sekitar 1.202 CJH Kota Pekanbaru yang datang memeriksakan kesehatannya dan akan divaksin.

"Hari ini diperkirakan ada 136 jemaah dari tiga Kecamatan yang dilakukan cek kesehatan. Masing -masing Kecamatan Rumbai, Rumbai Pesisir serta Lima Puluh," terang Hamdan.

Ia menerangkan pengecekan kesehatan tahap dua ini merupakan tindak lanjut dari cek kesehatan tahap satu yang sudah dilakukan oleh masing-masing jemaah pada Februari hingga Juni lalu.

"Jadi rekomendasi cek kesehatan tahap satu akan kembali dipastikan pada tahap dua ini. Jika memang dipastikan sehat kemudian diberikan vaksin meningitis," tegasnya

Ia menambahkan jadwal cek kesehatan tahap dua sudah mulai dilakukan 19-25 Juli.

"Kami buat bertahap agar tidak terjadi penumpukan. Namun bagi jemaah yang sudah datang dan diluar dari jadwal kecamatan tetap kami layani," katanya menambahkan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index