Kenali Saat-saat Tepat untuk Kosumsi Kopi

Kenali Saat-saat Tepat untuk Kosumsi Kopi
Secangkir Kopi

RiauAktual.com - Kopi merupakan jenis minuman favorit yang sering dikonsumsi penduduk Indonesia. Namun alangkah baiknya, jika Anda mengetahui kapan saat tepat mimum kopi.

Menurut dr Samuel Oetoro, SpGK, kopi dapat dikonsumsi kurang lebih dua jam sebelum atau sesudah makan. Kopi memiliki kandungan zat hampir sama dengan teh, sehingga efek yang ditimbulkannya pun hampir sama. Namun penurunan daya serap zat besi akibat minum kopi sebelum atau sesudah makan tidak sebesar teh.

Namun alangkah baiknya bila ingin merasakan manfaat yang benar-benar dashyat daru kopi Anda harus tahu waktu yang tepat. Seperti dilansir situs majalah kesehatan, berikut waktu yang tepat untuk minum kopi.

Pukul 07:00
Minum kopi di pagi hari bertujuan membangkitkan semangat. Menurut Paul Arciero, PhD, Associate Professor dari Skidmore Collage, AS, minum kopi pada pagi hari bisa meningkatkan metabolisme hingga 15% dan membuat Anda lebih segar dan siap menghadapi berbagai aktifitas.

Pukul 09:00
Secangkir kopi sebelum rapat pagi bisa 'membuka' pikiran sehingga ide-ide mengalir lancar.

Pukul 12:00
Minum kopi di siang hari sangat efektif membuka mata yang mulai mengantuk dan membuat tubuh kembali segar. Kafein membantu memblok sinyal lelah yang disampaikan otak ke otot sehingga Anda bisa segar kembali bekerja hingga sore hari.

Pukul 15:00
Secangkir kopi di sore hari memberikan efek bahagia dan membuat Anda lebih percaya diri serta menimbulkan perasaan senang dan lebih mudah bersosialisasi, demikian menurut Laura Juliano, PhD, dari American University. (ilc)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index