4 cara persiapkan mudik lebaran yang lebih hemat dan nyaman

4 cara persiapkan mudik lebaran yang lebih hemat dan nyaman
ilustrasi

RAGAM (RA) - Mudik merupakan salah satu tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia, terutama di kota-kota besar, untuk kembali ke kampung halaman dan merayakan Lebaran. Supaya perjalanan berjalan lancar, terasa nyaman, dan lebih hemat, ada berbagai persiapan yang harus dilakukan, seperti tips-tips berikut ini.

Perencanaan Waktu

Pilih waktu mudik yang tepat dan rencanakan semuanya dengan matang, untuk menghemat dana dan memberikan rasa nyaman. Jika memilih menggunakan transportasi umum seperti bus, kapal, atau pesawat terbang, pastikan untuk memesan tiket keberangkatan dan kepulangan jauh hari sebelumnya. Terlalu mepet membeli tiket berisiko mendapatkan tiket yang jauh lebih mahal, bahkan kehabisan.

Sedangkan bagi Anda yang hendak mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam kondisi optimal, sehingga menjamin keamanan dan keselamatan saat bepergian. Selain itu, juga menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kerusakan mesin, yang dapat menguras dana perjalanan.

Cermat Merencanakan Bujet Mudik

Walau memiliki kesempatan mudik ke kampung halaman, bukan berarti harus menghamburkan uang dan tabungan lho. Sebelumnya, buat daftar anggaran biaya yang nantinya akan dikeluarkan dengan cermat. Misalnya untuk tiket pergi-pulang, biaya bensin, bujet untuk oleh-oleh, dan uang “salam tempel” untuk keluarga di kampung halaman. Ingatkan diri sendiri juga agar tidak memaksakan kebutuhan yang sebenarnya tidak bisa dipenuhi.

Hindari Membawa Barang Terlalu Banyak

Selain membuat perjalanan kurang nyaman dan semakin repot, membawa terlalu banyak barang berarti harus mengeluarkan uang tambahan yang tidak sedikit, untuk membayar jasa pengangkut barang atau porter. Apabila kondisi mengharuskan untuk membawa cukup banyak barang, coba manfaatkan jasa pengiriman kilat untuk mengirim sebagian barang tersebut.

Persiapkan Kondisi Fisik

Saking semangatnya menyiapkan mudik kali ini, tanpa sadar Anda mengabaikan kondisi kesehatan sehingga malah jatuh sakit di hari keberangkatan. Ingatlah untuk cukup beristirahat dan hindari stres berlebihan. Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan yang dibutuhkan selama dalam perjalanan. Mulai dari obat anti mabuk perjalanan, minyak angin, dan obat khusus yang dibutuhkan.

Selain berbagai persiapan di atas, jangan lupa untuk memberi kabar pada keluarga agar keberadaan Anda dapat terus terpantau dengan baik. Manfaatkan Paket Ramadhan dari Indosat Ooredoo yang memberikan unlimited internetan, nelpon, dan SMS, mulai dariRp 1.000,- per hari. Manfaatkan untuk menelepon keluarga di kampung yang juga bermanfaat untuk mengusir rasa bosan selama perjalanan.

Berbagai paket dari 1 hari, 3 hari, hingga 7 hari dapat dipilih tanpa perlu khawatir membayar lebih dan berlaku 24 jam. Kini Anda bisa melakukan silaturahmi tanpa perlu khawatir kuota jebol, kan?

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index