Legendaris Andy Williams Tutup Usia

Legendaris Andy Williams Tutup Usia
illustrasi (int)

NEWYORK (RA) - Penyanyi legendaris Andy Williams tutup usia di kediamannya di Branson–Missouri setelah hampir setahun menderita kanker kandung kemih. Musisi kawakan ini tutup usia 84 tahun setelah memulai karier kuartet dengan saudara-saudaranya dan menjadi bintang ternama setelah menempuh karier solo-nya di blantika musik dunia.

"Dia mencintai penonton. Itu salah satu pelajaran yang paling penting ketika dia mengajari saya," ujar Jimmy Osmond, seperti dikutip CNN.

Andy Williams terkenal lewat lagu “Moon River” yang diluncurkan tahun 1961 dan memenangkan penghargaan musik Grammy untuk kategori musik asli terbaik. Bahkan, mendiang Presiden Ronald Reagan yang terpesona dengan gaya sederhana Andy Williams dengan suara lembutnya. Reagan menyebutnya sebagai "aset nasional".

Selama tahun 1960-an Andy Williams menjadi salah satu penyanyi terkenal yang punya kontrak rekaman terbesar dalam sejarah musik Amerika. Pada masa itu ia memiliki album emas lebih banyak dibanding penyanyi solo lainnya kecuali Frank Sinatra, Johny Matis dan Elvis Presley.

Selama karirnya Andy Williams menghasilkan 18 album emas dan tiga platina. Ia juga diunggulkan dalam lima penghargaan Grammy Awards. Pada 2009 Andy Williams meluncurkan buku riwayat hidupnya “Moon River and Me : A Memoir”.

Selain itu, dirinya terlibat dalam pertunjukkan "Andy Williams Show," tayang secara mingguan di televisi selama hampir sembilan tahun di NBC. Ia menghabiskan 20 tahun karirnya dengan tampil di panggung sendiri di Moon River Theatre di Branson. (jpnn)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index