Tim Pemantau Daging Gelondongan Disebar

Tim Pemantau Daging Gelondongan Disebar
ilustrasi penjual daging

PEKANBARU (RA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menurunkan tim ke beberapa pasar tradisional dan modern guna mengawasi peredaran daging sapi glondongan yang marak beredar menyambut Idul Fitri 1437 Hijriah.

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Peternakan Pekanbaru, Firdaus kepada wartawan Selasa (28/6), menjelaskan bahwa tim yang dibentuk akan bekerja kepasar-pasar tradisional dan mall serta swalayan mengecek penjualan daging sapi.

"Tiap tim beranggotakan empat orang, dan akan turun tiap hari sekaligus dua kelompok menyisir pedagang daging di lokasi pasar," tegasnya.

Mereka, masih keterangan Firdaus, akan memantau ketersediaan daging menjelang Idul Fitri. Kemudian harga dan yang terpenting adalah mengecek kualitasnya apakah yang diperdagangkan layak edar dan bagus atau tidak.

"Tujuannya untuk memberikan jaminan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam mendapatkan daging segar yang sehat menyambut Idul Fitri," terang dia lagi.

Firdaus mencontohkan daging sapi yang sehat dan berkualitas itu haruslah berciri-ciri terlihat warnanya masih merah cerah, kenyal, baunya khas daging, dan tidak basah.
"Karena daging dalam waktu dan suhu tertentu bisa menjadi media pertemuan mikroba," katanya lebih rinci.

Jika di lapangan nanti tim menemukan kecurigaan maka pihaknya akan melakukan uji labor, dan terbukti maka akan dilakukan penyitaan terhadap daging tersebut. Pedagang juga akan diselidiki dari mana sumber daging tersebut apakah dipotong pada Rumah Potong Hewan (RPH) atau tidak.

"Terbukti melanggar maka akan kami sanksi sesuai UU no 41 tahun 2014 tentang peternakan hewan," tegasnya lagi seraya menambahkan tim akan bekerja mulai H-1 hingga H+3 Idul Fitri. (YAN)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index