Wujudkan Impian Masyarakat

Zul As – Eko Suharjo Jadikan Air Bersih Program Prioritas

Zul As – Eko Suharjo Jadikan Air Bersih Program Prioritas
Walikota dan Wakil Kota Dumai

DUMAI (RA) – Masyarakat Kota Dumai sudah sangat lama mengharapkan ketersediaan air bersih sebagai kebutuhan hidup sehari-hari, namun penyediaan air bersih hingga saat belum terealisasi sebagaimana yang diharapkan.

Karena itu, H Zulkifli As – Eko Suharjo yang dipercayai dan mendapat amanah sebagai pemimpin Kota Dumai priode 2016-2021, berniat akan segera mewujudkan impian masyarakat Kota Dumai tersebut.

Walikota Dumai H. Zulkifli As mengatakan, pengadaan air bersih sudah menjadi program prioritas pembangunan Kota Dumai dalam beberapa tahun ke depan. Agar program ini dapat terlaksana dengan baik dan sesuai harapan, sangat dibutuhkan dukungan semua pihak dan masyarakat Kota Dumai.

"Air bersih sudah menjadi program prioritaskan kami, karena itu mohon dukungan agar ini dapat terlaksana dan terwujud dengan baik," harap Walikota Dumai H Zulkifli As kepada masyarakat dalam berbagai kegiatan, termasuk dalam kunjungan Safarai Ramadhan 1437 H/2016 M, belum lama ini.

Kata Zul As, bahwa dirinya bersama Eko Suharjo sudah berkomitmen untuk menuntaskan persoalan air bersih yang sempat terkendala pembangunannya. Namun, masyarakat diminta tetap bersabar, karena untuk melanjutkan pembangunan air bersih ini tidak-lah semudah membalik telapak tangan dan perlu dilakukan lebih cermat, baik dari segi hukum maupun fisik serta anggaran.

Pembangunan air bersih akan diselaraskan dengan RPJM Provinsi Riau dan RPJM Nasional serta perkembangan dinamika Musrenbang supaya pelaksanaan program yang dinanti masyarakat sejak lama bisa berjalan maksimal.

"Kami optimis penyiapan sarana air bersih ini bisa terealisasi sesuai harapan dengan dukungan lembaga wakil rakyat dan seluruh stake holder terkait serta semua lapisan masyarakat," tuturnya.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, lanjut Zul As, pengelolaan jaringan air bersih yang akan dilaksanakan lebih profesional dan lebih mengutamakan pelayanan kepada masyarakat.

"Penyediaan air bersih adalah skala prioritas pembangunan daerah guna memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dan ini telah diusulkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kota Dumai Tahun 2016 -2021," sebutnya.

Budget Sharing
Untuk pemenuhan air bersih tersebut, Pemerintah Kota Dumai akan menyiapkan program pembangunan sarana penyediaan air bersih Regional yang akan dilakukan secara budget sharing antara Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Bengkalis (Durolis).

"Air baku digunakan adalah dari Sungai Rokan, dan inslatasi pengolahan akan dibangun dengan dukungan anggaran APBD Kota Dumai, Provinsi Riau, dan anggaran APBN," sebutnya.

Pada program ini, kata Zul As, akan digunakan air baku dari Sungai Rokan. Rencananya Inslatasi Pengolahan Air (IPA) akan dibangunan dengan APBN. Sedangkan untuk pipa distribusi akan dibangunan dengan dana APBD Provinsi Riau.

Artinya Kota Dumai tidak perlu membangunan IPA, tetapi cukup membangun reservoair atau bak penampungan air yang sudah diolah. Untuk membangun reservoair atau bak penampungan air Pemko Dumai sudah menyiapkan lahan seluas 4 (empat) hektar.

Bak yang dibangun ini nantinya akan memperoleh air curah dengan volume sekitar 300 hingga 500 Liter/detik. Ditargetkan tahun 2017 permasalahan air di beberapa wilayah Kecamatan yang ada di Kota Dumai sudah terselesaikan.

"Kita akan manfaatkan pipa distribusi yang sudah dibangun saat ini, namun tetap melalui kajian dan perbaikan. Ini adalah upaya nyata untuk peningkatan layanan air bersih," terang Walikota Dumai H. Zulkifi As.

Walikota Dumai tidak menampik adanya kendala dalam pembangunan infrastruktur air bersih sejak lima tahun lalu. Karena itu, Pemerintah Kota Dumai berkomitmen untuk lebih cermat. Baik dari segi hukum, fisik dan anggaran.

"Ini akan kita bahas bersama secara konkrit dan menyeluruh, agar pelaksaan program air bersih bisa segera direalisasikan dengan baik," terang Zul As.

Tiga Kecamatan

Walikota mengatakan, penyediaan air bersih yang dibangun secara budget sharing Kota Dumai, Rokan Hilir, dan Kabupaten Bengkalis (Durolis) akan disambungkan ke rumah-rumah masyarakat secara bertahap. Pada tahun 2017, air bersih akan dialirkan ke masyarakat untuk tiga Kecamatan.

"Tahap pertama, penyediaan air bersih akan kita alirkan di tiga kecamatan dulu. Tiga kecamatan itu, antaranya kecamatan Dumai Kota, Dumai Selatan, dan kecamatan Dumai Barat. Insyaallah, tahun 2017 tiga kecamatan ini sudah bisa menikmati air bersih," sebutnya.

Ditambahkan Zul As, penyambungan jaringan air bersih di beberapa wilayah kecamatan lainnya akan dilaksanakan pada tahun selanjutnya. "Pembangunan penyediaan air bersih yang menjadi progran prioritas kami ini, ditargetkan akan tuntas secara keseluruhan pada tahun 2020 mendatang," paparnya

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index