Amankah memelihara kucing saat sedang hamil?

Amankah memelihara kucing saat sedang hamil?
Ilustrasi kucing.
RAGAM (RA) - Setiap minggu, merdeka.com membuka layanan tanya jawab seputar masalah kesehatan. Dalam proyek ini, kami bekerja sama dengan tim dokter dari meetdoctor.com yang akan memberi jawaban atas pertanyaan yang disampaikan oleh pembaca. Berikut adalah salah satu pertanyaan yang sudah sampai di redaksi merdeka.com.
 
Pertanyaan
Selamat pagi dokter. Bagaimana kalau dengan memelihara kucing? Saya sekarang sedang hamil 9 minggu dan di rumah saya banyak sekali kucing karena saya senang sekali memelihara kucing. Kira2 kucing berbahaya tidak untuk bumil? Terima kasih dokter. (Dhedhex Manis)
 
Jawaban
Toxoplasmosis disebabkan oleh suatu parasit yang disebut Toxoplasma gondii yang terdapat di kotoran kucing yang sudah terinfeksi, dan sangat mungkin kotoran kucing tertinggal pada bulu kucing tersebut. Manusia bisa terinfeksi akibat kontak dengan kucing yang terinfeksi atau kontak dengan tanah yang mengandung kotoran kucing yang terinfeksi, atau konsumsi daging atau sayuran yang mentah atau setengah matang yang kemungkinan kontak dengan tanah yang mengandung kotoran kucing, atau minum air yang terkontaminasi. Sekali terinfeksi, maka parasit toxoplasma akan ada dalam tubuh manusia seumur hidupnya.
 
Pada orang yang sehat, toxoplasmosis biasanya tidak menimbulkan gejala, tetapi bisa saja timbul demam tinggi, atau pembesaran kelenjar getah bening. Pada ibu hamil, bisa memperbesar kemungkinan keguguran, lahir mati, gangguan pendengaran pada bayi, kerusakan otak pada bayi, atau rusaknya penglihatan pada bayi. 
 
Sehingga ada baiknya selama anda sedang hamil untuk menjaga jarak dengan hewan berbulu seperti kucing dan lakukanlah kontrol ke dokter kandungan secara rutin.(merdeka.com)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index