Pekanbaru Tiadakan Festival Lampu Colok Tahun ini ?

Pekanbaru Tiadakan Festival Lampu Colok Tahun ini ?
lampu colok

PEKANBARU (RA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mulai mengefisiensi pemakaian Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pekanbaru tahun 2016. Akibatnya beberapa kegiatan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terpaksa dibatalkan.

Seperti halnya festival lampu colok yang rutin dilaksanakan pada bulan suc Ramadan. Namun untuk tahun ini tidak mendapat titik terang apakah dilaksanakan atau tidak.
   
Kepala Dinas Pariwisata Pekanbaru, Hermanius, kepada wartawan Rabu (22/6) menjelaskan bahwa kegiatan tersebut tidak masuk dalam prioritas penggunaan anggaran, pasca dilakukan rasionalisasi anggaran.
   
"Sampai sekarang kita belum mendapat kepastian apakah festival lampu colok masih ada atau tidak. Yang pasti dalam anggaran untuk kegiatan bersangkutan masuk tanda bintang," ujarnya.
   
Hermanius menyebutkan festival lampu colok memang sudah menjadi tradisi tahunan di Kota Pekanbaru. Namun jika dana tidak mendukung, pihaknya juga tidak bisa memaksakan agar kegiatan tersebut terlaksana. "Biasanya festival lampu colok digelar tiga hari sebelum hari raya Idul Fitri,"ungkapnya.
   
Ketika disinggung mengenai besaran anggaran yang dibutuhkan untuk festival lampu colok, Hermanius enggan merincinya.
   
"Dalam APBD mata anggarannya itu tidak khusus untuk festival lampu colok saja tapi sekaligus tergabung dengan kegiatan untuk malam takbiran," sebut Hermanius.
   
Dirinya menyebutkan guna mensiasati festival lampu colok yang kemungkinan besar sudah ditiadakan tahun ini. Pihaknya berkoordinasi dengan kecamatan dan kelurahan untuk tetap membuat lampu colok diwilayah masing-masing.
   
"Paling tidak kalau seremoni festival lampu tidak ada, minimal lampu colok di kelurahan dan kecamatan tetap ada. Sehingga masyarakat masih bisa menikmati tradisi lampu colok," tutupnya. (YAN)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index