Usai Lebaran Hasil Uji Kontruski Pasar Sukaramai Rampung

Usai Lebaran Hasil Uji Kontruski Pasar Sukaramai Rampung
Pasar Sukaramai terbakar beberapa waktu lalu

PEKANBARU (RA) - Terkait kelanjutan nasib Plaza Sukaramai Kota Pekanbaru paska kebakaran hebat yang terjadi pada beberapa waktu lalu, dipastikan untuk hasil uji kontruski sudah rampung pada Usai lebaran.
   
Pengelola Plaza Sukaramai, Hotman Haloho saat di temui wartawan menyampaikan, bahwa saat ini proses hasil uji kontruksi tinggal menunggu hasil labor forensik yang dilakukan oleh Laboratorium Forensik Polda Medan.
   
"Uji uji kontruksi dilapangan sudah siap. Saat ini tinggal menunggu hasil uji labor keluar saja lagi," kata Hotman.
   
Setelah nanti hasil uji labor keluar lanjut Hotman, baru bisa diputuskan apakah bangunan lama dapat direnovasi saja atau mesti dibangun baru. "Sama-sama kita tunggulah usai lebaran ini,"tambahnya.
   
Lebih lanjut, Hotman mengungkapkan, jika pun hasil labor mengatakan bangunan lama bekas terbakar tidak bisa dipakai lagi. Maka pembangunan baru kembali sudah dilaksanakan bersama dengan pedagang. Sebab kepemilikan toko sudah merupakan milik pedagang. Disamping itu penyebab kebakaran juga bukan karena disengaja oleh pengelola atau juga pedagang.
   
"Dari perjanjian terdahulu yang saya baca, pengelola dan pedagang memilik hak yang sama selama 25 tahun. Sebab itu jika harus dibangun baru, mesti ditanggung bersama. Kalau pedagang tidak mau berarti mereka tidak mempunyai hak lagi disana,"tegas Hotman.
   
Diperkirakan Hotman, untuk pembangunan baru bangunan tersebut bakal menghabiskan dana milyaran rupiah.
   
Pantauan dilapangan keberadaan pasar tersebut sudah menunjukan pemulihan, dimana, jelang lebaran 1437 H banyak pembeli yang berdatangan kesana, bukan saja masyarakat kota pekanbaru, masyarakat dari luar daerah juga meramaikan lokasi plaza sukaramai yang berdiri di area parkir plaza sukaramai. (YAN)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index