Jatuh bangun eks pemain Timnas Indonesia buka usaha konveksi

Jatuh bangun eks pemain Timnas Indonesia buka usaha konveksi
Warta Kusuma.
NASIONAL (RA) - Warta Kusuma, eks pelatih Timnas Indonesia era 90'an tengah berjuang membangun usahanya di bidang konveksi. Selalu ada kendala untuk membangun usahanya ini. Kendala modal kerap menjegal sehingga kurang maksimal.
 
Perlahan tapi pasti, usaha bek andalan timnas pada zamannya itu, makin bersinar. Niatnya untuk melebarkan usaha industri konveksi rumahan miliknya juga terbuka lebar.
 
Kesempatan peluang membesarkan usahanya makin nyata saat PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memberikan pinjaman usaha kepada Warta. Dengan modal usaha ini, Warta berharap angan-angannya menjadi kenyataan.
 
"Buat tambahan modal usaha konveksi di rumah, agar bisa maju dan bersaing dengan industri rumahan lain di Bekasi," kata Warta kepada merdeka.com, Rabu (15/6).
 
Untuk membesarkan usahanya, mantan pelatih Persipasi Kota Bekasi ini, akui mengajukan pinjaman lebih dari Rp 20 juta kepada perusahaan pelat merah itu. Menurut dia, dana pinjaman akan digunakan membeli perlengkapan usaha konveksi, seperti mesin jahit, serta membeli bahan-bahan konveksi dan kebutuhan konveksi lainnya.
 
"Mudah-mudahan usaha semakin berkembang untuk menambah penghasilan untuk mencukupi kebutuhan keluarga," kata bek andalan Timnas Indonesia ketika itu.
 
PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek menyalurkan dana pinjaman sebesar Rp 935 juta pada tahap pertama di tahun 2016 kepada mitra binaan di wilayah setempat. General Manager PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Dadang Sumaryana mencatat, total ada 26 mitra binaan mendapatkan pinjaman untuk suntikan modal usaha.
 
Menurut dia, 26 mitra usaha itu berasal dari Kota Bekasi sebanyak 18 pengusaha UKM, Kabupaten Bekasi dua pengusaha, Kabupaten Karawang lima orang, dan Purwakarta satu orang. Setiap pengusaha mendapatkan pinjaman mulai Rp Rp 20 juta hingga Rp 40 juta.
 
"11 pengusaha merupakan mitra binaan baru, sedangkan 15 adalah mitra binaan lama. Mereka yang mendapatkan pinjaman sudah lulus seleksi," ujar Dadang.
 
Dia berharap dengan pemberian pinjaman, para pengusaha binaan PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek bisa berkembang. Dengan begitu, bisa meningkatkan perekonomian keluarganya masing-masing.
 
Menurut Dadang, sampai dengan tahun 2015, pihaknya sudah membina sekitar 1.413 pengusaha UKM dengan pemberian pinjaman hingga Rp 28 miliar. Selain memberikan bantuan modal, perusahaan juga melakukan pendampingan hingga usahanya benar-benar maju.(merdeka.com)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index