Dakwah pasang tarif, Derry Sulaiman: haram

Dakwah pasang tarif, Derry Sulaiman: haram
Derry Sulaiman

NASIONAL (RA) - Fenomena ustaz pasang tarif di Indonesia seperti sudah menjadi hal yang lumrah. Tapi pendapat lain diutarakan Derry Sulaiman, mantan gitaris band thrash metal, Betryer. Menurutnya, ustaz yang meminta tarif sebelum dakwah itu haram.

"Dakwah pasang harga buat saya haram. Biasanya artis yang minta upah bukan ustaz. Kalau ustaz terkenal ada manajemen, harus diluruskan lagi. Ustaz apa artis?," ujarnya saat ditemui di kawasan Cibubur, Jakarta Timur belum lama ini.

"Seharusnya ketika berdakwah, nggak ada deal di depan, nggak ada akad bayarannya sekian. Kalau dakwah itu ya habisin duit, sebaliknya muamalah dapatkan harta. Tapi nggak masalah kalau dikasih di belakang (asal gak akad di depan)," lanjutnya.

 Untuk urusan dakwah, Derry sering menolak bayaran dari penyelenggara. Malah dia mengaku kalau sering tak dibayar bahkan pernah menolak pemberian dari orang yang menyelenggarakan acara.

"Bukan nggak suka duit. Tapi pengen dapat dari Allah. Saya tidak ada manajemen ustaz," ucapnya.

Derry juga mengaku kalau merasa tersinggung ketika ada yang ingin mengundangnya berdakwah menanyakan berapa tarifnya. Dia bilang baru lain persoalan kalau mengundangnya untuk bernyanyi.

"Jadi kalau ngundang saya dakwah, kasih tahu saja alamatnya, biar nanti saya datang sendiri. Kalau kebutuhan keluarga saya tercukupi, buat anak jajan, saya akan datangi dengan biaya sendiri. Kalau cukup, kita datang bersama rombongan," pungkasnya. (merdeka.com)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index