Sri Mulyani kembali masuk daftar perempuan berpengaruh dunia

Sri Mulyani kembali masuk daftar perempuan berpengaruh dunia
Direktur Bank Dunia Sri Mulyani.

NASIONAL (RA) - Majalah Forbes awal pekan ini melansir daftar Power Women 2016 alias Deretan Perempuan berpengaruh sedunia. Hasilnya Kanselir Jerman, Angela Merkel, kembali memuncaki daftar tersebut.

Sri Mulyani Indrawati, mantan Menteri Keuangan Indonesia yang kini menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia turut masuk daftar Forbes untuk kali kelima berturut-turut di posisi 37.

Sri Mulyani dianggap sosok berpengaruh nomor dua di Bank Dunia, menjabat posisi yang sebelumnya selalu diisi lelaki. Ekonom lulusan Universitas Indonesia itu juga dianggap tokoh garis depan dalam pemberantasan kemiskinan global.

Adapun Merkel, sebagai pemimpin de facto Uni Eropa selama nyaris satu dekade, juga kembali dinobatkan sebagai perempuan paling berpengaruh sejagat.

Dalam daftar tokoh Forbes lain yang tidak dibatasi gender awal tahun ini, Merkel juga menjadi nomor satu dunia - melebihi Presiden AS Barack Obama, Presiden Rusia Vladimir Putin, maupun Presiden China Xi Jinping.

Merkel dinilai punya kendali besar atas isu pengungsi Suriah, stabilitas ekonomi Eropa, serta membentuk tata dunia baru melebihi AS ataupun Rusia.

Di urutan kedua daftar wanita berpengaruh versi Forbes, ada Hillary Clinton, calon presiden AS dari Partai Demokrat. Hillary hampir pasti akan menghadapi Donald Trump pada pemilu November mendatang. AS sampai sekarang belum pernah memiliki presiden perempuan.

Urutan ketiga ditempati Janet Yellen, gubernur bank sentral AS. Kebijakan Yellen selama setahun terakhir dianggap memulihkan situasi ekonomi global, serta mengembalikan kepercayaan pasar pada institusi moneter.

Sedangkan pengusaha wanita yang berada di posisi tertinggi, urutan lima, adalah Mary Barra. Dia menjabat sebagai CEO General Motors. Barra adalah perempuan pertama yang memimpin pabrikan otomotif terbesar ketiga dunia tersebut.

Tim Editorial Forbes menyatakan daftar 2016 dipenuhi wajah-wajah yang relatif baru. Kebangkitan tokoh perempuan, baik dalam politik maupun bisnis, terjadi di banyak negara.

Terutama yang paling menggembirakan, menurut Forbes, adalah semakin banyaknya kepala negara perempuan. Setahun terakhir saja ada presiden perempuan yang terpilih di Taiwan, Nepal, Kroasia, Mauritius, dan Lithuania.

Berikut daftar 10 besar perempuan berpengaruh dunia versi Forbes untuk 2016:

1. Angela Merkel (Kanselir Jerman)

2. Hillary Clinton (Capres AS)

3. Janet Yellen (Gubernur Bank Sentral AS)

4. Melinda Gates (Filantropis)

5. Mary Barra (CEO General Motors)

6. Christine Lagarde (Direktur IMF)

7. Sheryl Sandberg (Direktur Facebook)

8. Susan Wojcicki (CEO Youtube)

9. Meg Whitman (CEO Hewlett Packard)

10. Ana Patricia Botin (Direktur Utama Banco Santander/Bankir)


(merdeka.com)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index