Produksi Sawit Turun 50 Sampai 60 Persen

Produksi Sawit Turun 50 Sampai 60 Persen
sawit

RENGAT (RA) – Kepala Dinas Perkebunan Pemerintah Kabupaten Inhu, H Hendrizal melalui Kabid Produksi, Paino mengatakan akibat cuaca ekstrim elino dan kabut asap pada tahun lalu mengakibatkan produksi kelapa sawit menurun sekitar 50 persen sampai dengan 60 persen.

Kepada wartawan Hendrizal di Pematangreba Rabu (1/6/2016) mengatakan, menurun drastisnya produksi kebun sawit masyarakat berpengaruh terhadap ekonomi petani sawdaya dan manegemen perusahaan.

Karena bukan hanya hasil produksi kebun milik perusahaan perkebunan kelapa sawit yang menurun hingga 50 sampai 60 persen, termasuk juga kebun kelapa sawit swadaya masyarakat juga menurun hingga 60 persen.

Berdasarkan hasil pantauan dilapangan, terjadinya cuaca yang sangat ekstrim elino sereta bencana kabut asap tahun lalu menyebabkan bunga sawit tidak muncul sehingga produksi kebun kelapa sawit saat ini menurun secara gratis.

“Memang persoalan  karyawan yang di PHK maupun dirumahkan, bukan urusan Dinas Perkebunan, Namun urusan pihak Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), akan tetapi menurutnya sebaiknya pihak managemen perusahaan jangan langsung melakukan PHK dengan alasan produksi sawit menurun. tapi dirumahkan dulu sampai bulan Agustus mendatang, karena pada bulan Agustus mendatang produksi kelapa sawit akan meningkat kembali," ucap Paino. (OB)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index