Pemkab Pelalawan Buka Forum Konsultasi Publik Bahas RPJMD Tahun 2016

Pemkab Pelalawan Buka Forum Konsultasi Publik  Bahas  RPJMD Tahun 2016
Kepala Bappeda Pelalawan saat menyampaikan pemaparan pada RPJMD.

PELALAWAN (RA) - Pemerintah Kabupaten Pelalawan diwakili Sekretaris Daerah Drs H Tengku Mukhlis,M.Si membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kabupaten Pelalawan Tahun 2016-2021 bertempat di Auditorium Pembaharuan kantor Bappeda, Senin (30/5).

"Penyusunan RPJMD merupakan pelaksanaan amanat UU nomor 25 tahun 2004 tentang pemerintah daerah," jelas H Tengku Mukhlis dalam sambutannya.

Dijelaskan Sekda, dokumen perencanaan jangka menengah, RPJMD Kabupaten Pelalawan 2016-2021 memuat visi,misi, dan program bupati dan wakil bupati yang selanjut dijabarkan ke dalam arah kebijakan keuangan daerah.

"Dukumen ini nantinya selanjutnya menjadi pedoman bagi pemangku kepentingan dalam melaksanakan kebijakan pembangunan, baik itu dari kalangan pemerintah, masyarakat maupun dunia usaha," jelasnya seraya menambahkan RPJMD selanjutnya dijabarkan kedalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan menjadi pedoman dalam menyusun Rencana Strategis Perangkat Daerah Renstra SKPD.

Sementara itu, Kepala Badan Perancanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir M Syahrul Syarif,M.Si kepada awak media menambahkan apa yang sampaikan Setdakab. Visi pembangunan Kabupaten Pelalawan tahun 2016-2021 adalah Inovasi menuju Pelalawan Emas (Ekonomi Mandiri, Aman dan Sejahtera).

"Maknanya adalah pembangunan yang didorong dengan upaya, gerakan dan prakarsa inovatif menuju Kabupaten Pelalawan yang mandiri dalam ekonomi, aman dan sejahtera. Sementara mandiri dalam ekonomi berati memiliki komitmen dan sosial konsistensi yang tinggi untuk memberdayaan kemampuan dan sumbedaya daerah, dengan terus meningkatkan pelaksanaan dan pencapaian 7 program strategis," ungkapnya.

Kemudian terkait beban pembiayaan pembangunan yang cendrung menurun, lanjut Syahrul menyampaikan apa yang diharapkan Bupati Pelalawan HM Harris terhadap pimpinan SKPD adalah membuat terobosan dengan mengubah pradigma pembanguan.

"Pradigma ini mengharuskan kita menfokuskan pembiayaan pada program-program strategis yang menunjang lansung pada pencapaian visi yang telah ditetapkan,"imbuh Syahrul f seraya mengatakan juga bahwa kita tidak mungkin membiayai fungsi pemerintahan secara merata, karena hal itu tidak akan efektit mencapai tujuan.

Maka kedepannya,sambung Syahrul, khususnya 5 tahun kepemimpinan Bupati terpilih adalah dengan memperkuat, memperluas, meningkatkan dan menyempurnakan 7 program strategis menuju Pelalawan Emas.

"Saya optimis 7 program strategis ini akan mampu mencapai tujuan utama yakni Pelalawan Emas (Ekonomi Mandiri, Aman dan Sejahtera,"tutupnya. (JYP)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index