Camat Ajak Kades dan Lurah Manfaatkan Lahan Tidur

Camat Ajak Kades dan Lurah Manfaatkan Lahan Tidur
Camat Siak Wan Syaiful

SIAK (RA) - Sebagai upaya mencari nilai tambah bagi ekonomi warga, Camat Siak meminta kepada Kepala Desa (Kades) dan Lurah untuk memanfaatkan lahan tidur dengan menanam Palawija. Dengan begitu akan menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan warga.

"Melihat cukup banyaknya lahan tidur yang terdapat di wilayah kecamatan Siak, tentunya punya pontensi yang cukup besar jika diolah untuk perkebunan palawija," kata Camat Siak, Wan Saiful Efendi MSi kepada wartawan, Senin (30/5).

Dia menyebutkan, munculnya gagasan agar warga yang berada di wilayahnya punya penghasilan tambahan dari pekerjaan tetap yang sudah ada tersebut, berawal dari banyaknya lahan tidur yang terdapat di desa-desa dan kelurahan di Kecamatan Siak.

Dia juga menyebutkan sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa dan Lurah dan sudah sepakat untuk bekerja sama dalam memberi nilai tambah kepada masyarakat. Yakni, bagaimana lahan-lahan tidur bisa dimanfaatkan untuk perkebunan tanaman muda (palawija).

"Oleh sebab itulah diminta kepada seluruh kepala Desa dan lurah yang berada di bawah naungan Pemerintah kecamatan Siak supaya dapat melakukan pendataan berapa luas lahan tidur yang terdapat di wilayahnya masing-masing." tukasnya.

Dalam memuluskan rencana perkebunan palawija ini, pihaknya menggandeng UPTD pertanian dan tenaga penyuluh yang ada guna memberi pengarahan kepada warga nantinya, bagaimana menanam dan merawat palawija agar bisa tumbuh subur .

"Kita berharap dengan cara memanfaatkan lahan tidur ini dengan menanam palawija, hasilnya akan menagngkat ekonomi masyarakat. Sebab tidak ada yang tidak bisa jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh, Insha Allah berhasil," katanya optimis.

Terpisah, Kepala Desa Tawang Air Putih, Zaini mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik apa yang telah digagas oleh Camat untuk menggerakkan warga bercocok tanam jenis tanaman palawija dilahan tidur.

"Hal ini juga sudah kita sampaikan kepada warga. Alhamdulillah, warga sangat respon sekali. Kita juga maklumi kondisi ekonomi seperti sekarang ini perlu ada terobosan dalam meningkat sumber penghasilan tambahan. Dan langkah ini merupakan salah satu jurusnya," sebut Kades.(JAS)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index