Disperindag Bengkalis Kecewa Operasi Normalisasi Harga Gula Hanya di Pekanbaru

Disperindag Bengkalis Kecewa Operasi Normalisasi Harga Gula Hanya di Pekanbaru
ilustrasi gula

BENGKALIS (RA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bengkalis merasa kecewa dengan PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) sebagai perusahaan yang menangani operasi pasar menormalkan harga gula. Pasalnya PPI ini hanya melakukan operasi pasar di kantor cabangnya di Pekanbaru.

"Kita kecewa karena operasi pasar gula hanya dilakukan di Pekanbaru. Padahal kondisi lonjakan kenaikan harga gula sangat dirasakan oleh masyarakat Bengkalis," ungkap Raja Arlingga Kepala bidang Perdagangan dalam negeri Disperindag Bengkalis, Senin (30/5/2016).

Dijelaskan dia, harga gula di Bengkalis mencapai Rp 16.000 per kilo. Padahal normalnya harga gula di pasaran sebersar Rp 12.000 per kilo.

Kata Arlingga, Pemerintah pusat memang bisa melakukan pernormalan harga gula dengan membuka kran impor. Namun hal ini dilakukan langsung oleh PPI yang sudah di tunjuk oleh pemerintah.

Pihak Disperindag Kabupaten/kota sebenarnnya sudah melakukan pembicaraan untuk operasi pasar ini bersa PPI dan Disperidag Provinsi.  Dalam hasil pertemuan tersebut PPI bersedia melakukam operasi pasar si Kabupaten dan kota.

"Hanya saja dari keterangan mereka, tidak memiliki biaya angkut ke daerah," pungkas Arlingga.

Lanjut Arlingga, karena tidak adannya biaya angkut dari pihak PPI. Pihak PPI meminta kebijakan angkut gula tersebut ditangung Disperindag Kabupaten kota.

"Namun kita tidak bisa mengambil kebijakan anggaran angkut tersebut karena tidak ada penganggaran untuk itu," jelas dia. (FER)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index