Bank RiauKepri Sosialisasikan MPN G2

Bupati: MPN G2 Cara Mudah Membayar pajak

Bupati: MPN G2 Cara Mudah Membayar pajak
Bupati: MPN G2 Cara Mudah Membayar pajak

SIAK (RA) - Bupati siak Drs H Syamsuar MSi membuka secara resmi Sosialisasi Penatausahaan Penerimaan Negara melalui sistim Modul penerimaan Negara Generasi Kedua (MPN G2) bagi bendaharawan SKPD lingkup pemerintah Kabupaten Siak, di Hotel Grand Mempura, Selasa (24/5)

Dalam kegiatan itu, Pimpinan Cabang Bank RiauKepri, Tengku Toyib mengatakan, Bank Riaukepri telah ditunjuk sebagai penerimaan pajak melalui sistem MPN G2

"Sistem MPN G2 ini disusun untuk memperbaiki sistem MPN sebelumnya (MPN G1). Sebagai sebuah sistem, Modul Penerimaan Negara berhasil mengintegrasikan sistem penerimaan negara yang selama ini terpisah. Penyempurnaan Modul Penerimaan Negara melibatkan unit-unit pemilik tagihan lingkup Kementerian Keuangan yang dikenal dengan sebutan biller, yakni Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, dan Direktorat Jenderal Anggaran," terang Toyib.

Dikatakan, terkait dengan sistem yang menghubungkan dengan sistem perbankan dan sistem settlement dikelola oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan pengelolaan infrastruktur oleh Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan Sekretariat Jenderal.

"Selain itu, guna meningkatkan pemahaman pajak khusus untuk bendahara SKPD yang ada di Kabupaten Siak ini, Bank RiauKepri juga perlu mengadakan sosialisasi agar pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar bagi pendapatan negara. Selain itu pembayaran pajak bisa menggunakan MPN G2 di Kabupaten Siak ini," ujarnya.

Sementara, Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi dalam arahannya mengatakan, diantara penerimaan dari negara ini termasuk pajak serta migas. Sedangkan untuk migas pada saat ini harga migas lagi anjlok. Apalagi penghasilan negara dari Riau ini adalah minyak. Jadi penerimaan daerah juga otomatis ikut turun. Namun demikian pajak juga ada upaya upaya untuk bisa meningkat kan kembali.

"Saat ini pemerintah sedang berupaya meningkatkan pajak, termasuk pajak daerah. Kabupaten Siak juga akan meningkatkan pajak bagi pemasukan daerah. Inilah perlunya sosialisasi untuk memudahkan membayar pajak melalui MPN G2," kata bupati.

Dia mengharapkan, seluruh peserta dari setiap SKPD bisa mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. "Ini juga ada dampaknya bagi bendahara kita di setiap SKPD. Kalaupun kurang mengerti diharapkan untuk bertanya kepada nara sumber," kata syamsuar. (JAS)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index