Dishubkominfo Optimis Serapan PAD Parkir Tercapai Sesuai Target

Dishubkominfo Optimis Serapan PAD Parkir Tercapai Sesuai Target
ilustrasi

PEKANBARU (RA) - Penyerapan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pekanbaru dari sektor parkir sampai akhir April sudah mencapai Rp 2,5 miliar, atau 30 persen, dari target yang ditetapkan sebesar Rp7 miliar.

Kepala UPTD Parkir Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Pekanbaru, Wira Bhakti, Selasa (24/5) mangatakan bahwa, pencapaian PAD saat ini sudah bagus. Mengingat perekonomian Indonesia khususnya di Pekanbaru sedang melemah.

“Realisasi pendapatan dari sektor parkir dari Januari sampai April sudah Rp 2,5 miliar atau hampir 30 persen dari target tahun ini,” kata dia.

Menurut Wira, penyerapan PAD Parkir ini akan terus menigkat. Apalagi, memasuki bulan suci Ramadan biasanya peningkatan pendapatan dari parkir cukup signifikan.

“Saya optimis masih bisa ditingkatkan lagi, karena sebentar lagi ada momen Ramadan. Biasanya tren pendapatan dari parkir ini meningkat,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakannya, untuk terus meningkatkan serapan parkir ini, pihaknya terus melakukan penertiban parkir ilegal. Bahkan pihaknya sudah banyak mengamankan juru parkir (Jukir) ilegal yang beroperasi di ruas-ruas jalan Pekanbaru.

"Jukir banyak yang sudah kita amankan. Kebanyakan dari mereka tidak mempunyai KTA, dan ada juga sudah kadaluarsa," sebutnya.

Wira juga mengakui, jika banyak koordinator parkir yang nakal, yang tidak menyetorkan hasil parkir ke Dishubkominfo. Untuk itu pihaknya juga menyasar para koordinator parkir.

"Koordinator parkir juga ditagih. Sebab ada juga petugas parkir yang nakal tidak menyetorkan hasil Parkir," ungkapnya.

Dia optimis, jika target PAD parkir sebesar Rp7 miliar bisa tercapai hingga akhir tahun mendatang. Sebab, sektor parkir ini tidak begitu berpengaruh dengan melemahnya perekonomian saat ini.

“Kita optimis bisa mencapai target, karena kita menilai kelesuan ekonomi belum berdampak pada retribusi parkir ini,” tutupnya.


Laporan : YAN

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index