Konsumsi Daun Rami, Dapatkan Manfaatnya yang Mengagumkan

Konsumsi Daun Rami, Dapatkan Manfaatnya yang Mengagumkan
daun rami

RIAUAKTUAL.COM - Daun rami telah ditanam oleh manusia sebagai bahan makanan sejak 6000 tahun Sebelum Masehi. Konon Cleopatra, ratu Mesir yang populer dengan kecantikannya itu, rajin mengkonsumsi  tanaman yang mempunyai nama botani Cochorus olitorius ini.

Kepopuleran tanaman ini langsung menyebar karena manfaatnya bagi kesehatan. Selama berabad-abad, tanaman ini telah terbukti secara ilmiah sangat baik dikonsumsi untuk memperbaiki dan merawat tubuh manusia.

Selama ini tanaman rami hanya dimanfaatkan batang dan seratnya untuk membuat tali. Namun jarang yang mengetahui manfaat daun lembutnya. Daun rami tak dianggap punya nilai komersial. Hanya orang-orang Mesir saja yang memahami manfaat daun ini dan mengkonsumsinya.

Tanaman ini tumbuh juga di beberapa negara, seperti Bangladesh, India, Myanmar, Nepal, Tiongkok , Taiwan, Thailand, Vietnam, Kamboja, Brasil dan tentu saja Indonesia. Namun rupanya hanya Bangladesh yang memaksimalkan nilai ekonomi rami sebagai serat. Hampir 805 persen pasar ekspor dunia dikuasai oleh Bangladesh.

Salah satu manfaat daun rami untuk kesehatan adalah daun rami bisa mencegah penuaan dini. Penelitian telah menunjukkan jenis rami Ewedu mengandung vitamin yang sangat penting sebagai antioksidan yang mampu mempertahankan kulit tetap cantik dan memperbaiki sistem tubuh.

Daun rami juga mengandung vitamin A, C  dan E yang merupakan kunci untuk menangkal degeneratif seperti kanker .

Selain itu, daun rami juga sangat kaya kalsium serta beta karoten yang bisa dimasak sebagai sup atau tumis. Daun rami yang lengket juga bisa dipakai untuk mengentalkan suatu hidangan.  

Daun rami jenis Ewedu berisi hampir semua nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia. Namun manfaat paling penting dari daun ini adalah untuk memperbaiki sel-sel tubuh dan meningkatkan penglihatan, meningkatkan sirkulasi dan membantu menurunkan risiko katarak dan gangguan mata lainnya.

Vitamin E nya juga bisa memperlambat rasa sakit dan nyeri yang terkait dengan penuaan dan meningkatkan stamina. Dan kalsiumnya yang tinggi sangat bermanfaat untuk gigi dan tulang agar kuat.

Ternyata satu tumbuhan sangat bermanfaat. Anda mau mencoba?

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index