Operasi Patuh Jaya Akan Dilakukan Serentak di Jalanan Pekanbaru

Operasi Patuh Jaya Akan Dilakukan Serentak di Jalanan Pekanbaru
Operasi Patuh yang di gelar polresta pekanbaru di depan Purna MTQ.

RIAUAKTUAL.COM - Operasi Patuh yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia untuk menertibkan kendaraan bermotor, digelar mulai hari ini Senin 16 mei hingga 29 Mei 2016 mendatang.

menurut Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Budi Setiawan SIK, operasi bersandikan 'Operasi Patuh Jaya' digelar serentak di seluruh kawasan Polsek dan jalan-jalan protokol di Kota Pekanbaru.

Untuk hari pertama operasi patuh ada beberapa titik, diantaranya jalan HR Soebrantas Kecamatan Tampan, Jalan Sudirman tepatnya di depan Purna MTQ dan depan Pusat Perbelanjaan Ramayana Jalan Sudirman.

"Operasi Patuh Jaya merupakan operasi Cipta Kondisi menjelang bulan Ramadhan. Setidaknya sebanyak 90 personil lantas baik dari Polresta Pekanbaru maupun masing-masing Polsek ikut andil dalam giat ini dan dibantu jajaran kepolisian lainnya," ujar Kompol Budi Setiawan SIK.

Adapun sasaran operasi adalah pengendara angkutan umum atau barang, mobil pribadi dan motor. Sementara target operasi pelanggar lawan arus, melanggar rambu-rambu lalu lintas atau menaikan dan menurunkan penumpang di sembarang tempat.

"Lokasi sasaran ditentukan oleh wilayah masing-masing sesuai titik kerawananannya," jelasnya lagi.

Hari pertama masih banyak pelanggaran yang dilakukan masyarakat Kota Pekanbaru khususnya tidak melengkapi surat surat izin kendaraan dan kelengkapan lainya. Budi mengatakan, dalam operasi ini pola penindakan lebih banyak kepada tindakan represif yakni dengan memberikan tilang kepada pengendara yang nakal.

Dalam Operasi Patuh Jaya hari pertama di Jalan HR Soebrantas Kecamatan Tampan menurut  Aiptu A Siregar, Panit 1 Polisi Lalulintas Polsek Tampan, terjaring belasan pelanggar yang dilakukan oleh kalangan mahasiswa yang tidak menggunakan helm maupun tidak membawa surat surat kendaraan.

Sebanyak 4 unit kendaraan roda dua yang tidak memiliki alat kelengkapan surat terpaksa diamankan ke Polsek hingga pemiliknya bisa menunjukan surat surat kendaraan yang sah. (Dr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index