Jufri Zubir Kritik Pemko Pekanbaru yang Gagal Atasi Banjir

Jufri Zubir Kritik Pemko Pekanbaru yang Gagal Atasi Banjir
Jufri Zubir

RIAUAKTUAL.COM - Banjir di Kota Pekanbaru tampaknya sudah mulai menjadi musiman setiap kali hujan mengguyur Kota Bertuah. Sungguh memprihatinkan, karena setiap bencana banjir selalu saja menimbulkan kerugian yang sangat besar, baik yang dialami warga masyarakat, para pelaku dunia usaha, maupun semakin membengkaknya pengeluaran anggaran pembangunan serta rusaknya berbagai prasarana umum yang dikelola oleh pemerintah.

Menanggapi hal tersebut Bakal Calon Walikota Pekanbaru Jufri Zubir berpendapat, hendaknya Pemko Pekanbaru sudah memikirkan dengan matang bagaimana mengelola daerah aliran sungai (DAS) di dalam Kota Pekanbaru.

"DAS harus bersih dari segala macam bangunan, laju air menuju sungai harus dipelancar. Kalau sekarang ini tidak, Pembangunan kota Pekanbaru tidak terkendali dan terencana sehingga menyebabkan semakin berkurangnya wilayah resapan air. Hal itu diperparah lagi dengan buruknya sistem drainase yang ada," ucapnya ketika berbincang bersama wartawan, Selasa (10/5/2-16).

Pengusaha sukses yang sudah menasional ini juga menilai Pemerintah Kota Pekanbaru saat ini tidak serius dalam mengatasi permasalahan banjir yang selalu terjadi ketika hujan.

"Kenapa saya bilang tidak serius?, ini banjir selalu saja terjadi. Berarti tidak ada tindak lanjut yang dilaksanakan. Penanganan banjir hanya tambal sulam bukan mengatasi akar persoalan sumber penyebabnya. Hal ini dapat dilihat dari perbaikan drainase dan saluran tidak pernah menghitung berapa debit air dan kepadatan penduduk Pekanbaru saat ini," cetusnya.

Ia juga mengkeritik langkah pemerintah Kota Pekanbaru yang saat ini justru sibuk berkutik dalam pembangunan pusat perkantoran baru yang memakan anggaran APBD sampai triliunan.

"Masalah yang ada didalam kota saat ini saja belum teratasi, malah mau buat kota baru lagi. Pembangunan kota baru ini juga tidak melibatkan tokoh-tokoh masyarakat, akademisi dan tidak dengan perencanaan yang matang dan akhirnya menimbulkan persoalan di anggaran di Pemerintahan saat ini," kata Jufri.

Menurut Jufri, saat ini yang perlu dilakukan adalah membenahi persoalan kota Pekanbaru secara bersama-sama, dan tidak dengan kemauan pejabat perorangan. "Ingat Pekanbaru ini milik kita bersama bukan milik pribadi pejabat yang sedang duduk saja," tandasnya.


Laporan : DWI

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index