Melalui DAK 2016, Pemkab Pelalawan Adakan 7 Unit Ambulance Keliling

Melalui DAK 2016, Pemkab Pelalawan Adakan 7 Unit Ambulance Keliling
ilustrasi

RIAUAKTUAL.COM - Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Pelalawan terus berbenah dalam melengkapi sarana prasarana kesehatan dalam me mantapkan pelayanan kepada masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan Diskes Pelalawan yakni pengadaan 7 unit mobil ambulance keliling melalui anggaran DAK yang masuk ke APBD Pelalawan tahun 2016 . Rencananya penyerahan 7 unit mobil ini akan langsung diserahkan kepada UPTD/Puskesmas yang telah ditunjuk oleh Bapak Bupati Pelalawan HM Harris.

Demikian disampaikan Kadiskes Pelalawan dr Endid Romo Pratiknyo kepada media ini, diruang kerjanya.

"Sebanyak 13 puskesmas BLUD di Pelalawan membutuhkan ambulance Namun Kita hanya punya 7 unit saja.Dari Diskes Pelalawan mengjukan 7 unit ambulance diperuntukkan bagi Puskesmas Langgam,Pelalawan,Pangkalan Kuras I,Pangkalan Kuras II,Bunut,Pangkalan Lesung dan Kerumutan.Pengadaan mobil ini dimaksudkan untuk dan guna mensukseskan program Bupati Pelalawan HM Harris yakni  Program Pelalawan sehat," ungkap Kadiskes ini.

Dikatakan Endid, mobil-mobil ini akan diserahkan lansung oleh bapak Bupati Pelalawan HM Harris kepada masing-masing  Puskesmas di masing-masing kecamatan.

"Ya, penyerahan sendiri nantinya, lansung dilakukan oleh bapak bupati. Insyakallah dua pekan lagi, setelah bapak bupati kembali ngantor setelah cuti.7 unit Mobil akan Kita titipkan dulu di Kantor Bupati.Tahun 2016 ini hanya 7 unit untuk 6 Kecamatan.Sementara yang lain menyusul,"imbuhnya.

Lebih jauh disampaikan dr Endid, dengan adanya kendaraan tersebut kembali menunjukkan eksistensi Pemerintah Kabupaten Pelalawan dengan program Pelalawan sehat.

"Mobil ambulance ini sendiri juga diset untuk Puksesmas keliling, yang akan melayani kesehatan masyarakat," tuturnya.

Disebab masih cukutnya kendaraan ambulance tersebut sambung dr Endid, masing-masing ambulance akan mengcoper dua sampai tiga desa yang berdekatan.

"Jadi memang kondisinya demikian, maka setiap satu unit kendaraan ambulance ini harus mencaper kebutuhan kesehatan masyarakat dua sampai tiga desa yang berdekatan," jelas Endid.

Kemudian tambah dr.Endid lagi,  mobil ambulance ini juga dilengkapi tenaga medis dan peralatan serta obat-obatan.

"Pokok lengkaplah, saya berharap masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan ini, masyarakat bisa memeriksakan kesehatan pada fasilitas ini secara gratis,"tutup. (JYP)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index