8 Hal yang terjadi pada tubuhmu saat makan pisang mentah tiap hari

8 Hal yang terjadi pada tubuhmu saat makan pisang mentah tiap hari
pisang

RIAUKATUAL.COM - Ketika memilih untuk konsumsi pisang, kamu pasti akan memilih pisang warna kuning yang matang. Sebab pisang dengan jenis ini menawarkan rasa manis dan enak.

Namun bagaimana jadinya jika sesekali kamu mencoba untuk mengonsumsi pisang mentah? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa hal yang akan kamu alami saat makan pisang mentah atau pisang hijau.

Berat badan turun
Tahukah kamu bahwa makan pisang mentah atau pisang hijau tiap hari bisa membantu dalam menurunkan berat badan? Hal ini disebabkan karena pisang mentah kaya akan kandungan serat yang memiliki kemampuan untuk membersihkan usus, menghapus sel-sel lemak yang tidak diinginkan, dan mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh.

Mencegah sembelit
Karena pisang mentah kaya akan kandungan serat dan pati, maka mengonsumsi pisang ini membantu untuk membersihkan usus secara alami sehingga berdampak mencegah sembelit.

Menekan nafsu makan
Mengonsumsi pisang mentah akan menginduksi perasaan kenyang atau mudah kenyang. Sehingga dengan kata lain makan pisang mentah baik untuk menekan nafsu makan bagi kamu yang sedang dalam program diet.

Mencegah diabetes
Makan pisang mentah mampu mengurangi kapasitas penyerapan glukosa dari dalam sel tubuh serta menurunkan kadar insulin sehingga mampu mencegah diabetes.

Menyehatkan pencernaan
Makan pisang mentah dikenal bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan usus dan saluran pencernaan. Sebab pisang mentah akan merangsang pertumbuhan bakteri probiotik dan mencegah gangguan pencernaan lainnya seperti naiknya asam lambung.

Mencegah kanker usus
Penelitian mengklaim bahwa makan pisang mentah bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker usus besar karena pisang mentah akan menghilangkan racun yang melapisi dinding usus yang menjadi penyebab kanker.

Menguatkan tulang
Pisang mentah mengandung vitamin, magnesium, dan kalsium. Semua mineral ini bermanfaat untuk membuat tulang kuat dan mencegah osteoporosis.

Mengontrol mood atau suasana hati
Para peneliti menemukan bahwa pisang mentah mengandung asam amino yang dikenal dengan triptofan. Nutrisi ini bertanggung jawab untuk menyeimbangkan produksi hormon di otak sehingga bermanfaat untuk mengontrol suasana hati.

Selain manfaat di atas, pisang juga mengandung vitamin B6 dan vitamin C yang membantu menyehatkan sel tubuhmu. Bagaimana, tertarik untuk mencoba konsumsi pisang hijau?

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index