Kodim 0302 Inhu Oanen Padi

Kodim 0302 Inhu Oanen Padi
suasana panen padi kodim

RIAUAKTUAL.COM - Dandim 0302/Inhu Letkol Inf Edison S. Sinabutar. S.Sos yang diwakili oleh Pasiter Kodim 0302/Inhu Kapten Inf PT. Situmorang melaksanakan Panen Padi Kartika 1-82 bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Kelompok Tani Mekar Jaya Desa Tanjung Sari Kec. Kuala Cinaku Kab. Inhu, dengan hasil mencapai 5,38 ton per hektare.

Ikut hadir pada acara panen padi Kartika 1-82 Danramil 01/Rgt Kapten Inf Kadarisman, Kapolsek Kuala Cinaku yang diwakili oleh Bripka Nurhadi, Kabulog Kab. Inhu Bpk Zaindra Weli, Irsal PPL Teluk Sungkai dan masyarakat sekitar.  

Dandim 0302/Inhu Letkol Inf Edison S. Sinabutar. S.Sos mengatakan melalui Pasiter Kodim 0302/Inhu Kapten Inf PT. Situmorang, hasil dempot yang menggembirakan ini harus menjadi contoh bagi para petani supaya kedepannya para petani dapat meningkatkan produksi gabah mereka yang diolah melalui tanam padi sawah.

Selain itu, Ia juga minta petani jangan hanya puas dan berfokus terhadap produksi gabah yang melimpah, tetapi juga mempertahankan hasil panen yang akan datang supaya produktivitas hasil panen padi dalam rangka mendukung program Pemerintah yaitu terwujudnya swasembada pangan tahun 2017.

Berkaitan hal tersebut, telah diketahui bersama Kementerian Pertanian telah menggandeng TNI untuk bersama-sama bahu-membahu turun ke sawah mengelola sawah, memperbaiki irigasi hingga ikut melancarkan distribusi pupuk sampai ke petani dengan benar, hingga bagaimana mengelola dan memilih bibit  yang baik sampai dengan musim panen,  

"Kami akan terus mengevaluasi hasil-hasil yang baik ini agar kedepannya jauh semakin lebih baik. Kalau sekarang ini baru 1 hektare, pada musim tanam berikutnya harus bisa lebih merata atau berhektare-hektare, penyuluh dan babinsa akan selalu aktif dan bekerjasama mengkoordinasikan setiap kendala yang dihadapi. Apabila tidak mampu agar dapat melaporkan ke komando atas,” kata Dandim 0302/Inhu melalui Pasiter Kodim 0302/Inhu.

Dijelaskannya, Varietas padi ini juga masuk ke dalam orientasi pasar. Jadi, selain untuk dikonsumsi petani, varietas yang dikembangkan tersebut juga laku di pasar, Keunggulan varietas Kartika 1-82 panen lebih cepat, hanya dalam waktu 89 hari ini berarti lebih cepat dari tanaman padi varitas biasa, produksi gabahnyapun dapat menjadi acuan bagi petani untuk musim tanam selanjutnya sehingga dapat memberikan berkah tersendiri kepada Kab. Indragiri Hulu serta dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat. (rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index