Tepak, Budaya Melayu Yang melekat

Tepak, Budaya Melayu Yang melekat
sekda foto bersama se-usai acara

RIAUAKTUAL.COM - Tepak merupakan salah satu komponen penting dalam setiap hantaran belanja bagi pasangan yang akan melangsungkan pinangan. Untuk melihat kreasi masyarakat di Rohil pihak Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (KPPB) Rohil menggelar lomba kereasi hantaran belanja. Kegiatan dipusatkan di Hotel Kesuma Bagansiapiapi, Selasa (3/5) siang.

Plt Sekda Rohil yang membuka acara lomba sekaligus seminar sehari peringatan Hari Kartini menyambut baik kegiatan yang ditaja oleh KPPKB Rohil. Kegiatan ini sangat bermanfaat karena kita bisa tahu bahwa adat tak bisa ditinggalkan saat hantaran belanja. poin pentingnya adalah tepat sirih yang harus ada.

Sekda juga menyinggung dalam momen peringatan hari Kartini bahwa Emansipasi wanita di Rohil memang tidak bisa dikesampingkan. Hal ini terbukti dari adanya Pejabat Eselon II d dan III yang menjabat kepala terus menunjukkan eksistensinya terhadap amanah yang diberikan. "Untuk Rohil ada 5 orang, 3 orang Eselon II dan 2 Eselon II yang menjabat Asisten, Kepala Dinas, dan Kantor," kata Sekda.

Adapun sosok kartini yang aktif di pemerintahan diantaranya Kepala Bappemas Hj Murniwati, Asisten IV Hj Dahniar, Plt Kepala Dinas Sosial Misnawati, Spd, Kepala Arsip dan Perpustakaan Hj Tuti dan Kepala KPPKb Ir.Sri Rahayu. Organisasi wanita Rohil seperti PKK, DWP dan GOW serta lainnya juga aktif dan menjalankan program beriringan dengan program pemerintah.

Sementara itu dalam perlombaan yang digelar Sekda meminta agar dijadikan motivasi. Bagi peserta yang belum menang diharapkan agar iven berikutnya bisa lenih baik lagi.

"Kalah menang itu biasa, saya fikir lomba kerasi hantaran belanja ini sangat positif dan kita bisa tahu kerasi yang menjadi adat yang masih terus dilestarikan," katanya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index