Perkuat Jati Diri dan Kebudayaan, PPS UIN Suska Kerjasama dengan IAIN Mataram

Perkuat Jati Diri dan Kebudayaan, PPS UIN Suska Kerjasama dengan IAIN Mataram
Direktur PPS UIN Suska, Sekretaris PPS UIN Suska dan rombongan lainnya foto bersama disalah satu pantai di NTB usai melaksanakan penandatangan kerjasa

RIAUAKTUAL.COM - Dalam rangka terus memperkuat jati diri dan menjaga keutuhan kebudadayaan, Program Pasca Sarjana (PPS) Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau menjalin kerja sama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sekretaris PPS UIN Suska Riau, Dr Husni Thamrin MSi mengatakan, kerjasama dengan IAIN Mataram ini untuk memperkuat jati diri masyarakat yang ada di Mataram jangan sampai terpengaruh dengan budaya modernisasi dan westernisasi mengingat wilayah Mataram yang strategis diapit oleh dua Provinsi Bali dan NTT ini.

”Kita ingin memperkuat jati diri masyarakat mataram yang dulunya religius, jangan sampai pengaruh budaya modernisasi dan westernisasi merusak tatanam masyarakat khususnya masalah moral, kebudayaan dan agama tidak luntur,” kata Husni, Senin (2/5) dikantornya.

Pakar sosial dan budaya UIN Suska Riau ini menjelaskan, Mataram yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya sangat memungkinkan terjadi perubahan yang mendasar pada perilaku masyarakat jika pengaruh modernisasi dan westernisasi tidak tersaring dengan baik.

”Modernisasi dan westernisasi dari bidang ekonom, ilmu pengetahun dan teknologi tidak masalah. Kalau kita tiru, tapi kalau pergaulan bebas dan moral harus kita filter sebaik baiknya,” tegas peneliti UIN Suska ini.

Husni melanjutkan, bahwa kerjasama yang dibangun bersama dengan IAIN Mataram ini adalah dalam bidang riset, pengajaran. Selain itu, kerjasama juga mengarah kepada tukar menukar tenaga dosen, ahli dalam ujian doktor dan pascasarjana.

"Kita berharap jalinan kerjasama ini bisa berjalan dengan baik, sehingga kedua Perguruan Tinggi mendapat manfaat dari kerjasama yang dilakukan tersebut," pungkasnya.

Adapun kunjungan yang dilakukan tersebut dilaksanakan rombongan sebanyak 34 orang selama tiga hari yakni pada 7 sampai dengan 10 April lalu tersebut, langsung dipimpin oleh Direktur PPS UIN Suska Prof Dr H Ilyas Husti MA. Kunjungan perdana ke provinsi Indonesia bagian tengah ini di sambut Rektor IAIN Mataram Prof Dr HM Taufik dan civitas IAIN Mataram. (nik)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index