May Day di Pekanbaru Aman

May Day di Pekanbaru Aman
may day

RIAUAKTUAL.COM - Dipusatkan Jalan Gajah Mada, Pekanbaru. Peringatan hari Buruh sedunia atau Mayday di Kota Pekanbaru yang jatuh pada Minggu (1/5), terbilang aman dan sepi. Bahkan jumlah aparat kepolisian lebih banyak dibandingkan para buruh.

Aksi Buruh yang tergabung dengan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) hanya menggelar panggung hiburan. Disamping itu beberapa orang secara bergantian menyampaikan aspirasinya tentang perjuangan buruh, khususnya di Pekanbaru.

Kendatipun demikian, pihak Polresta Pekanbaru tetap menurunkan 223 Personil gabungan guna mengamankan aksi para buruh.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Drs Aries Syarief Hidayat MM, saat dikonfirmasi melalui Wakapolresta AKBP Sugeng Putut Wicaksono SIK, mengatakan bahwa pihaknya hanya menerima surat jika aksi buruh dipusatkan di jalan Gajah Mada.

"Sampai saat ini, kita hanya terima pemberitahuan aksi  satu titik, dan sebelum aksi berlangsung sekitar pukul 07.00 WIB kita telah melakukan apel personil," ungkap Wakapolresta.

Selain jalan Gajah Mada, beberapa perusahaan yang biasanya menjadi langganan aksi demo para Buruh juga akan dilakukan penjagaan secara ketat. Sementara aksi Sweeping terhadap perusahaan akan dilakukan tindakan tegas jika hal tersebut memang terjadi.

"Selama melakukan pengamanan kita melarang anggota menggunakan senjata api, dan apa bila terjadi aksi Sweeping pembubaran secara paksa akan kita lakukan," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Kota Pekanbaru bukan merupakan Kota industri, sehingga aksi demo dan sweeping sangat kecil kemungkinan.

Wakil Walikota, Pekanbaru Ayat Cahyadi mengatakan, bahwa Pekanbaru bukanlah merupakan kota  industri, jadi amanlah dari aksi-aksi sweeping.

"Saya tadi terima laporan jika kegiatan hari buruh ini hanya dipusatkan pada satu titik yakni di Jalan Gajah Mada. Itu pun dalam bentuk hiburan. Jadi saya kira Pekanbaru amanlah dari hal-hal yang tidak diinginkan," ungkapnya.


Laporan : YAN

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index