Napi Narkoba Sekarang Penguasa Lapas, Bukan Lagi Kasus Pembunuhan

Napi Narkoba Sekarang Penguasa Lapas, Bukan Lagi Kasus Pembunuhan
ilustrasi

NASIONAL (RA) - Mantan Narapidana sekaligus Budayawan, Arswendo Atmowiloto mengungkapkan adanya pergeseran budaya penguasa di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) saat ini dibandingkan dengan periode di bawah tahun 2000-an.

Menurut Arswendo, saat ini didalam lapas dikuasi oleh narapidana kasus narkoba. Beda halnya saat dirinya mendekam di balik jeruji besi kasus Penodaan Agama pada tahun 1991.

Arswendo mengungkapkan saat itu terpidana kasus kekerasan dan pembunuhan memiliki power untuk berkuasa. Beda halnya dengan sekarang, di mana narapidana narkoba berkuasa lantaran memiliki uang banyak dari hasil mengendalikan narkoba dari dalam lapas.

"Sampai sekarang masih berhubungan (dengan sesama narapidana yang masih di dalam lapas), meski diam-diam. (Sekarang) Ini yang punya duit ya Napi narkoba," kata Arswendo dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (30/4/2016).

Bahkan, Arswendo tidak segan-segan membuka borok kerjasama sipir hingga petugas Lapas kerap kali yang mempunyai bisnis pribadi dengan napi Narkoba. "Kepala penjara, sekali dia beri kemudahan bertelepon, bisa terima gaji yang diperoleh sebulan. Tapi yang bisa seperti itu sekarang hanya napi narkoba," tutur dia. (rimanews)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index