20 Pemuda Lulus Seleksi PPAN Dispora Riau

20 Pemuda Lulus Seleksi PPAN Dispora Riau
ilustrasi

RIAU (RA) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau menggelar Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2016 pada 12-14 April 2016. Hasilnya, sebanyak 20 dinyatakan lulus seleksi, dan selanjutnya mengikuti karantina selama tiga hari di Fave Hotel Jalan Pinang Pekanbaru, pada 22-24 April 2016.

Awalnya, peserta seleksi berjumlah 50 orang yang terdiri dari perwakilan pemuda 12 Kabupaten/Kota se Provinsi Riau. Tim Seleksi pada kegiatan Seleksi Calon PPAN ini terdiri dari Unsur Dispora Riau, Akademisi, Alumni PPAN, Sanggar Seni, dan Psikolog.

"Program ini bertujuan menggali potensi kader pemuda-pemudi daerah yang berwawasan kebangsaan dan cinta Tanah Air sekaligus potensi kader pemuda nasional melalui kerjasama internasional," ujar Kasi Pengembangan Organisasi dan Pembinaan Aktivitas Pemuda, Dispora Riau, Sri Maharani, Rabu (26/4).

Sasaran kegiatan ini menurutnya adalah pemuda yang merupakan kader daerah berusia 19-30 tahun dan telah memiliki pengalaman dalam hal community development (pengembangan masyarakat).

Pasalnya setelah selesai melaksanakan program dan kembali ke daerah, yang bersangkutan wajib melakukan Post Program Activity (PPA) diberbagai bidang aktivitas sosial, seni budaya, kewirausahaan, olahraga dan lain-lain.

"Mereka akan dipantau dan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi/Pemerintah Kab/Kota dan menyampaikan laporan ke Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau dan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia," jelas Dia.

Seleksi ini nantinya akan menjaring lima pemuda untuk magang ke Australia, Cina, mengikuti ASEAN Studen Visit India (ASVI) Mahasiswa dan Ship For Southeast Asian and Japanese Youth Program (SSEAYP).

"Terpilihnya pemuda yang mempunyai wawasan kebangsaan dan cinta tanah air serta pengetahuan yang luas mengenai isu-isu nasional dan internasional.Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Dan yang terpenting adalah pemuda yang memiliki moral dan attitude yang baik dan terpuji," ungkapnya. (Dr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index