Inhil Kembangkan Potensi Kerang Tiram

Inhil Kembangkan Potensi Kerang Tiram
ilustrasi

INHIL (RA) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir akan mengembangkan potensi kerang tiram yang ada di daerah itu guna meningkatkan perekonomian nelayan di daerah pesisir Provinsi Riau.
         
"Potensi kerang tiram di Indragiri Hilir sangat tinggi yaitu mencapai 75.000 kilogram yang bila dikembangkan dapat menjadi 750 ton," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Indragiri Hilir Mukhtar T kepada Antara di Tembilahan.
         
Hal ini, lanjutnya, karena bibit dari kerang tiram ini dapat berkembang hingga 10 kali lipat saat dipanen dan harga jualnya juga cukup tinggi.
         
"Selain itu, peminatnya juga hingga luar negeri, bahkan saat ini sudah ada beberapa penampung dari Malaysia dan Thailand yang siap menerima hasil panen kerang tiram dari Indragiri Hilir," sebutnya.
         
Ia menjelaskan kerang tiram ini merupakan binatang laut yang memiliki cangkang berkapur dengan bentuk yang pipih.
         
"Kerang tiram memiliki kandungan protein, lemak dan kolesterol yang rendah, daging rendah kalori, kalsium, dan vitamin A. Tiram memiliki tekstur yang lembut dengan daging yang jika diolah menjadi makanan memiliki rasa yang manis namun sedikit asin. Tekstur dan rasa tiram yang unik tersebut disebabkan karena air laut tempat ia hidup," paparnya.
         
Ia mengungkapkan kerang tiram ini merupakan menu makanan yang bisa diolah dengan berbagai cara, misalnya dengan cara di asap, dipanggang, direbus, dikukus maupun digoreng.
         
"Manfaat kerang tiram bagi kesehatan juga tidak sedikit. Kandungan zinc di dalam tiram bisa membantu ketahanan sistem kekebalan tubuh dan membantu penyembuhan jika terjadi luka di kulit, tubuh yang kekurangan zinc bisa mengakibatkan pertumbuhan yang terhambat, rambut rontok dan sering mengalami infeksi, kemudian kerang tiram juga memiliki kandungan protein yang baik untuk kesehatan," terangnya.
         
Selain itu, jelasnya, kerang tiram juga memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang rendah. Dapat membantu ketahanan pada kolagen dan serat elastis yang dapat membuat kulit lebih sehat dan segar.
         
"Kemudian dapat juga membantu kesehatan mata dan memperbaiki penglihatan serta mengandung kalsium dan zat besi," ujarnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index