Walikota Pekanbaru Dukung Event Festival Sungai Siak

Walikota Pekanbaru Dukung Event Festival Sungai Siak
Sejumlah General Manager (GM) Hotel Se Kota Pekanbaru yang tergabung dalam Forum GM Hotel bersama Asociation of The Indonesian Tour and Travel Agenci

PEKANBARU (RA) - Sejumlah General Manager (GM) Hotel Se Kota Pekanbaru yang tergabung dalam Forum GM Hotel bersama Asociation of The Indonesian Tour and Travel Agencies (Asita) Riau dan Asosiasi Tata Boga serta Maskapai Garuda menggelar pertemuan dengan Walikota Pekanbaru Firdaus, Rabu (20/4) malam.

Walikota Pekanbaru DR Firdaus terlihat tersenyum sumringah menyambut kehadiran GM Hotel se Pekanbaru bersama rombongan. Kedatangan para GM Hotel di Pekanbaru bersama Maskapai Garuda dan Asita Riau ini membawa sebuah ide dan gagasan yang akan dituangkan dalam bentuk kegiatan.

Festival Sungai Siak akan dirancang selama tiga hari dan dilaksanakan pada akhir pekan. Diperkirakan kegiatan event wisata ini akan dilaksanakan sebelum kegiatan petang megang atau petang balimau. Kegiatan ini akan dikemas dalam bentuk pameran kuliner, pentas seni tradisi dan musik, pameran kerajaan, lomba foto tentang sungai siak, lomba dongeng tentang sungai siak, serta parade perahu.

"Mendengar pemaparan akan diadakanya kegiatan event wisata di Sungai Siak ini saya senang sekali. Saya sangat mendukung dan mengapresiasi penuh event ini. Karena ini memang sudah lama menjadi impian kami. Ibarat kata seperti gayung bersambutlah. Karena kita memang sudah 15 tahun lamanya mengkonsep Sungai Siak ini menjadi tempat wisata," ujar Walikota Pekanbaru Firdaus MT dihadapan para GM Hotel se Kota Pekanbaru.

Pemred Tribun Pekanbaru Dodi Sarjana sebagai fasilitator pertemuan ini memaparkan secara rinci dan jelas terkait program yang akan dilaksanakan. Diduduk disamping Walikota Pekanbaru, Dodi memaparkan satu persatu terkait gagasan yang akan dituangkan dalam bentuk even festival wisata.

Festival Sungai Siak begitu kegiatan event wisata yang akan digelar oleh Forum GM Hotel bersama Asociation of The Indonesian Tour and Travel Agencies (Asita) Riau dan Asosiasi Tata Boga serta Maskapai Garuda, Pelaku dan Penggiat Wisata, Tribun Pekanbaru dan Forum Komunikasi Daerah (FKD) Kompas Gramedia.

Dengan mengambil tema Experience Taste of Melayu kegiatan yang dijadwalkan akan dilaksanakan selama tiga hari ini diharapkan mampu menjadi event pariwisata yang bisa membanggakan bagi masyarakat Pekanbaru dan Riau. Sebab sejauh ini banyak event wisata di Pekanbaru yang menarik namun belum dikemas dengan baik.

Sehingga Pekanbaru masih belum punya event wisata yang bisa dikenal dan dikenang sebagai event kebanggan masyarakat Pekanbaru. Experience Taste of Melayu diharapkan mampu menjadi ikon even wisatanya Pekanbaru di mata wisatawan domestik dan internasional. Dengan keindahan Sungai Siak yang menawan tersebut event ini dipastikan tidak kalah menariknya dengan event wisata di daerah lain yang sudah dikenal di manca negara.

"Sungai Siak banyak menyimpan potensi wisata yang menarik dan perlu kita perkenalkan ke pasar masyarakat luas. Sungai Siak merupakan sejarah Pekanbaru dan Kerajaan Siak Indrapura, Sungai Siak juga menarik, karena merupakan satu-satunya sungai yang membelah Kota Pekanbaru, dan terdalam di Indonesia," papar Dodi.

Sementara di pinggiran Sungai Siak juga masih banyak haritage berupa rumah panggung, pasar bawah, pabrik karet, dan masih banyak lagi. Di Sungai Siak ini juga masih bisa ditemukan beragam aktifitas masyarakat, mulai dari mobilitas warga yang masih menggunakan pompong, mandi, mencuci hingga menjual makan.

"Bahkan yang tidak kalah menariknya, setiap tahun di pinggiran Sungai Siak kita selalu mengadakan event Petang Megang atau Petang balimau," katanya.

Pemandangan Sungai Siak di saat sore jelang matahari terbenam juga sangat indah. Lengkungan jembatan dengan latar belakang siluet menambah suasana Sungai Siak tampak menarik. Apalagi pada malam harinya, lampu-lampu yang menghiasai jembatan Siak II juga tampak atraktif dan memanjakan mata bagi setiap wisatawan yang menyusuri Sungai Siak.

"Potensi wisata Sungai Siak yang luas biasa menariknya inilah yang akan kita kemas dalam Festival Sungai Siak," paparnya.

Forum GM Hotel yang hadir pada audiensi dengan Walikota Pekanbaru diantaranya, Endang Ummy dari Alpha Hotel, Saiman Marak Oma dari Amaris Hotel, Susan P Lubis dari Grand Tjokro Hotel, Lusiyanti dari Grand Elite Hotel, Rinaldy dari Grand Tjokro Hotel, Isti Bidiono dari Grand Zuri.

Selain itu juga tampak hadir Alfa Nonie dari Asoasiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) Riau, Dede Firmansyah, Sulfirman dan Abdul Rahim serta Azhar B dari Asita Riau, Refki Riyantori dari Garuda Indonesia. Sedangkan dari Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru tampak hadir Muhammad Guntur dan Zulkarnain. Sementara dari Tribun Pekanbaru tampak hadir RHR Dodi Sarjana dan Anwar Helmi. (YAN)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index