Usulan Infrastruktur Masih Prioritas

Usulan Infrastruktur Masih Prioritas
ilustrasi

BAGANSIAPIAPI (RA) - Anggota DPRD Rokan Hilir H Tatang Hartono menilai menyebutkan roda pembangunan di Kecamatan Bangko Bagansiapiapi dan Kecamatan Pekaitan secara global, dari tahun ketahun pembangunannya mengalami peningkatan yang membanggakan.

Ini sejalan dengan keinginan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir supaya keterisoliran suatu daerah bisa terbuka. Ini ia katakan saat melakukan reses pada kedua Kecamatan hingga terus ke beberapa kepenghuluan.

Berhubung kondisi daerah khususnya di Kercamatan Pekaitan yang berada di berbatasan langsung dengan Kecamatan Bangko, masyarakat masih mengusulkan  pembangunan infrastruktur jalan yang Refresentatif, termasuk listrik,air bersih dan lainya.

"Salah satu usulan prioritas tersebut yakni pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi penghubung antar kepenghuluan di Kecamatan, maka masyarakat berharap usulan yang disampikan melalui Musrenbang agar bisa terakomodir," kata H Tatang Hartono saat ditemui di Bagansiapiapi.

Menurutnya,masyarakat berkeinginan tidaklah terlalu berlebihan,sebab untuk lepas dari keterisoliran tersebut, seluruh akses jalan dan jembatan tetap diupayakan dibuka. Sehingga niat atau keinginan Pemkab untuk membuka keterisoliran daerah secara perlahan dapat terealisasi. Kami di DPRD akan berusaha untuk menyikapi keinginan masyarakat tersebut.

"Kita telah mengantongi sejumlah usulan prioritas yang bakal disampaikan kepada Pemkab Rohil melalui Musrenbang tingkat kabupaten nanti," katanya.

Usulan prioritas tersebut adalah peningkatan dan pembangunan jalan penghubung antar kepenghuluan yang ada di dua Kecamatan tersebut. Karena, jalan penghubung antar kepenghuluan kondisinya sangat perlu untuk ditingkatkan.

Sementara, pentingnya mengusulan peningkatan jalan penghubung antar kepenghuluan di Kecamatan itu tampak sangat berkaitan terhadap perekonomian masyarakat. Karena, sebagian besar potensi yang dimiliki di semua kepenghuluan di Kecamatan tersebut bergerak di sektor pengolahan dan perkebunan kelapa sawit dan pertanian.

"Maka potensi dan ekonomi masyarakat di semua kepenghuluan di tempat kita bisa meningkat,"ungkapnya.

Hal ini untuk mewujudkan program yang sesuai keinginan bersama Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dan DPRD walaupun telah berupaya mencermati dan menjawab segala bentuk permasalahan untuk dapat menjadikan Rokan Hilir hingga ke kepenghuluan bisa berkembang pesat dan sejajar dengan daerah yang lain.

"Maka diharapkan seluruh elemen masyarakat harus dapat saling bahu membahu bekerjasama,mendukung pemerintah," ujarnya.

Dikatakanya bahwa semua itu tidak mengherankan bila masalah infrastruktur dijadikan program yang paling utama. Dari semua program pembangunan disegala bidang yang dilaksanakan, ternyata ada yang masih tetap dalam skala prioritas.Termasuk jalan dan jembatan Lintas Pesisir Pantai." ujarnya.

Selain itu permasalahan pokok lainnya yaitu kualitas sumber daya manusia, Untuk menjawab semua permasalahan tersebut, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir bersama DPRD melalui program musrenbang Kab lewat APBD mengambil berbagai kebijakan dengan berbagai program yang mengacu pada skala prioritas.


Laporan : ZAI

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index