Angaran Pemda Defisit, Warga Perbaiki Jalan Secara Swadaya

Angaran Pemda Defisit, Warga Perbaiki Jalan Secara Swadaya
masyarakat Jalan Nelayan RT 04 Kelurahan Bagan Barat Kecamatan Bangko melakukan perbaikan ruas jalan yang rusak parah

BAGAN (RA) - Ditengah kondisi keuangan daerah yang sedang defisit akibat pengurangan Dana Bagi Hasil Migas, masyarakat Jalan Nelayan RT 04 Kelurahan Bagan Barat Kecamatan Bangko melakukan perbaikan ruas jalan yang rusak parah dengan swadaya.

Perbaikan yang dilakukan oleh masyarakat tidak tanggung-tanggung yakni dengan rigid (pembetonan).

"Kami sangat prihatin dengan kondisi jalan nelayan yang rusak parah sekarang ini, pemda pun tidak ada membantu, setiap hari baik pagi, siang dan malam selalu terdengar orang yang terjatuh ke dalam lobang yang lebar ditengah jalan," ujar Santos salah seorang pekerja yang turut serta goro Selasa, (19/4/2016) malam.

Pengerjaan secara swadaya tersebut telah dilakukan warga sejak hari Sabtu (16/4/2016) untuk memperbaiki jalan rusak dengan membeton (rigid) Jalan Nelayan, pekerjaan dimulai siang hingga tengah malam karena banyak warga yang bekerja pada pagi hari, jalan yang diperbaiki tersebut sepanjang 150 meter dengan lebar 12 meter.

Terkait dengan perbaikan jalan yang dilakukan oleh masyarakat secara swadaya tersebut mendapat tanggapan dari Ketua PWI Rokan Hilir Jaka Abdillah. Jaka menyebutkan Upaya yang dilakukan oleh masyarakat untuk memperbaiki jalan secara swadaya patut diacungi jempol karena tanpa bantuan pemda.

"Sebenarnya cukup ironi kalau masyarakat secara swadaya memperbaiki jalan sementara jalan tersebut hanya berjarak 3 Km dari kantor Bupati Rokan Hilir, timbul pertanyaan kemana pemdanya kok bisa terlupakan jalan nelayan ini" ungkap Jaka Abdillah Ketua PWI Rokan Hilir.

Menurutnya jalan Nelayan tersebut sudah dua tahun ini kondisinya semakin parah, meski sering ditimbun warga tatkala hujan reda bekas timbunan kembali menganga, saat musim hujan ruas jalan yang rusak tersebut terlihat seperti danau buatan, terlebih memasuki tahun 2016 pasang air laut naik ke darat dan merendami ruas jalan Nelayan yang rusak tersebut.

"Kawan-kawan pers sudah sering mengekspos kondisi jalan tersebut tapi tidak ada respon dari pihak manapun" pungkas Jaka.(Dr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index