Terkait Image Kampung Narkoba, Ini Saran Wakil Ketua DPRD Pekanbaru

Terkait Image Kampung Narkoba, Ini Saran Wakil Ketua DPRD Pekanbaru
sondia warman sh

PEKANBARU (RA) - Kampung narkoba, tentunya warga kota Pekanbaru langsung menunjuk suatu wilayah yang berada di ujung pusat kota Pekanbaru yakni Kampung Dalam.

Melekatnya image tersebut tak lepas dari banyaknya ditemukan pengguna, pemakai bahkan pengedar di wilayah tersebut. Tak sekali dua kali, polisi kerap masuk ke wilayah itu dan menangkap pengguna juga pengedar.

Menanggapi hal tersebut Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Sondia Warman angkat bicara, kepada wartawan ia berucap, kini sudah saatnya perang melawan narkoba tak hanya menangkap saja. Perlawanan bisa dilakukan dengan mengubah total kampung-kampung yang mendapat stigma kampung narkoba.

"Peran pemerintah daerah, masyarakat, dan polisi harus bersatu padu mengubah total kawasan yang disebut kampung narkoba. Sebenarnya saya tidak setuju dengan sebutan kampung narkoba, tapi itu sudah menjadi image masyarakat, ini tidak boleh dibiarkan," tegasnya

Politisi PAN ini juga menyebut, Ada baiknya Kepolisian bisa membangun pos polisi di wilayah tersebut, kemudian melakukan penyuluhan Kamtibmas.

"Sadarkan bahaya narkoba kepada masyarakat setempat. Biasanya di kampung-kampung itu masyarakatnya kurang paham bahaya-bahaya obat terlarang. Penyuluhan bisa dilakukan RT RW, guru-guru sekolah. Semua masyarakat diajak bergerak memerangi narkoba," tuturnya.

Disamping itu dia meminta seluruh elemen masyarakat ikut mendukung aparat penegak hukum untuk mempersempit ruang gerak narkoba ini di mana pun berada. Paling tidak masyarakat bisa memberikan informasi kepada aparat, bukan hanya di Kampung Dalam saja, tapi bila masyarakat melihat dan mendengar informasi segera laporkan.

”Peran masyarakat sangat kita butuhkan paling tidak bisa memberikan informasi di mana saja dan kapan melihat adanya narkoba. Bukan hanya disatu kawasan saja yang ingin kita bersihkan dari narkoba tapi di tempat lain masih banyak peredaran narkoba harus kita sapu bersih,” tandasnya.

Laporan : DWI
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index