PKB-PAN Sepakat Koalisi di Pilkada 2017

PKB-PAN Sepakat Koalisi di Pilkada 2017
PKB - PAN

PEKANBARU (RA) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Riau dan Partai Amanat Nasional (PAN)  sepakat untuk menjalin koalisi menuju pilkada serentak 2017 mendatang. Dengan koalisi tersebut, berarti satu perahu untuk menuju pilkada sudah diamankan dua partai ini dengan telah memenuhi syarat minimal pengajuan bakal calon kepala daerah.

Ketua DPW PKB Riau, Abdul Wahid mengatakan, dikarenakan tidak ada partai yang mampu mengusung satu calon dan harus berkoalisi. Untuk itu PAN dan PKB berusaha untuk berkoalisi agar memberikan kepastian kepada calon jika ingin maju menjadi calon kepala daerah PAN dan PKB sudah siap untuk mengusung menjadi satu calon.

"Kalau untuk pembicaraan sudah, hal itu kami lakukan untuk memberikan kepastian kepada para calon yang ingin maju dalam Pilkada serentak. Tapi tentunya ada mekanisme dalam koalisi tersebut, apa yang akan menjadi standar dan yang disepakati adalah popularitas dan elektabilitas. Dalam hal ini kami harus lakukan survei, jadi sudah dipastikan satu perahu pilkada sudah diamankan PAN dan PKB," jelasnya, kepada wartawan, Selasa (12/4/2016).

Sementara itu, Ketua DPD PAN Pekanbaru Ir Nofrizal mengatakan, dalam pekan ini akan melakukan deklarasi koalisi tersebut. Namun untuk kapan tanggal tepatnya, hal itu dikatakan anggota DPRD Pekanbaru tersebut masih dilakukan penyesuaian jadwal.

"Untuk kapan deklarasinya sedang kami sepakati. Selain itu DPD PAN Pekanbaru juga akan melakukan penjaringan dalam waktu dekat ini, mungkin nanti waktunya sejalan dengan deklarasi tersebut," kata Nofrizal.

Dilanjutkan Nofrizal, koalisi antara PAN dan PKB tersebut dibangun dengan rasa kebersamaan. Dengan artian, kader dari mulai akar rumput sudah mengetahui koalisi tersebut. Diharapkan dengan hal itu, kader yang akan akan mensosialisasikan hal itu hingga kebawah.

"Untuk itu kader dari tingkatan DPC akan terus dibekali pemahaman itu, dimana nantinya kader tersebut akan menjadi perpanjangan tangan didaerah hingga ke tingkat kelurahan dan RT," pungkasnya.

Laporan : DWI

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index