Dispora Berniat Kelola Eks Venue Sky Air

Selasa,26 Agustus 2014 - 14:51:50 WIB

Venue Sky Air. FOTO: doc

PEKANBARU, RiauAktual.com - Dinas Pemuda dan olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru berniat untuk mengelola eks Venue Sky Air yang digunakan pada PON XII lalu. Namun masalahnya posisi kepemilikan venue Sky Air masih belum jelas pelimpahannya pasca PON. Tetapi yang pasti pengelolaan lahan Danau Buatan ini masih di bawah Perusahaan Daerah. Sehingga fasilitas gor dan venue kini terbengkalai tidak jelas peruntukan dan perawatannya.

Kadispora Kota Pekanbaru M Yusuf, Selasa (26/8/2014), mengatakan bahwa sampai saat ini pelimpahan pengeloaan dan perawatan venue Sky Air belum ada kejelasannya ke satker mana. Hanya dulu saat penyelenggaraan PON Dispora diberi tanggung jawab untuk pembangunan fisik venue hingga proses penyelenggraan PON. Usai itu tidak ada lagi kewenangan Dispora.

"Sampai saat ini belum kejelasan siapa yang merawat venue tersebut, makanya kami tidak anggarakan di APBD," ujarnya.

Meski demikian M Yusuf berjanji nantinya akan mencoba menanyakan ini ke Direktur PD Pembangunan. Sehubungan dengan niat Dispora yang akan menggunakan fasilitas Venue ini untuk lokasi pembinaan cabang-cabang olahraga air.

"Dispora berniat untuk menggunakannya kalau diizinkan, karena diatas lahan itu banyak fasilitas olahraga air yang bisa digunakan, bukan hanya sky air saja. Apalagi kondisi fasilitas olahraga air di Pemko masih minim. Nanti akan saya coba tanyakan siapa tahu itu bisa dimanfaatkan. Sudah kita bangun tidak dimanfaatkan kan rugi," tandasnya.

Ia berharap akan ada waktu untuk duduk bersama membicarakan status kepemilikan venue sky air ini. Pembangunan venue sky air ini diawalnya dianggarakan Rp5 miliar pada tahun 2011, akan tetapi mengalami revisi menjadi Rp5,7 miliar tahun 2012. (ver)

Editor: Riki