Beredar Video Kapal Tenggelam di Danau Toba, 40 Orang Hilang

Selasa, 19 Juni 2018

Korban kapal tenggelam di Danau Toba dievakuasi (pojoksatu)

Riauaktual.com - Tim gabungan terus berusaha menyelamatkan korban penumpang kapal kayu yang terbalik di Danau Toba. Kapal tenggelam di Danau Toba itu mengangkut sekitar 70 orang. Sebanyak 40 orang dilaporkan hilang.

Kapal kayu itu tenggelam saat perjalanan dari Pelabuhan Simanindo (Samosir) tujuan Tigaras (Simalungun), Senin (18/6/2018) petang.

Detik-detik evakuasi korban kapal tenggelam di Danau Toba terekam dalam video amatir yang beredar di media sosial.

Dalam video tersebut terlihat puluhan penumpang seperti berserakan di lautan. Mereka meminta tolong sambil berenang untuk menyelamatkan diri. Sementara dari atas kapal bantuan tampak petugas berusaha menyelamatkan dengan melemparkan pelampung.

Terdengar juga suara warga lain yang berada di lokasi bahwa masih banyak penumpang yang butuh pertolongan. Namun, ombak sangat kencang.

“Ya Allah, ya Allah. Ada yang di ujung sana,” demikian suara warga yang terdengar dalam video tersebut.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Samosir, Mahler Tamba, membenarkan peristiwa tersebut. Kata dia, sudah lima orang diselamatkan dan dibawa ke Puskesmas Daerah Simanindo.

“Benar ada kapal kayu terbalik dari Pelabuhan Simanindo menuju Tigaras. Kapal terbalik akibat tali kemudi putus. Yang selamat 18 orang dan satu meninggal serta ada 40 orang dikabarkan hilang,” ucap Mahler.

Soal jumlah penumpang, Mahler belum bisa memastikan. Namun jumlahnya dipastikan lebih dari 50 orang. “Tim Basarnas sudah dikerahkan,” sebutnya.

Sementara Kepala Sub Bidang Penmas Polda Sumatera Utara, AKBP MP Nainggolan mengatakan, perisitwa tersebut terjadi sekira pukul 17.30 WIB. Kapal kayu Sinar Bangun berpenumpang sekira 70 orang.

“Informasi awal diterima tenggelam di perairan Danau Toba antara Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir dan Kecamatan Tigaras Kabupaten Simalungun. Kasat Polair Samosir sedang menuju TKP dan Kanit Markas Danau Toba sudah koordimasi dengan Basarnas,” ujarnya.

Berikut video evakuasi korban kapal tenggelam di Danau Toba:

Sumber : pojoksatu.id