6 Fakta Menarik Usai Rusia Permalukan Arab Saudi

Jumat, 15 Juni 2018

Photo : REUTERS/Kai Pfaffenbach. Duel Arab Saudi vs Rusia

Riauaktual.com -  Rusia berhasil menang dengan meyakinkan atas Arab Saudi para laga pembuka Piala Dunia 2018, Kamis 14 Juni 2018. Sang tuan rumah berhasil mempermalukan Arab Saudi dengan skor telak 5-0.

Pada pertandingan yang berlangsung di Luzhniki Stadium, Rusia langsung mencetak keunggulan pada menit 12. Gol pembuka tersebut dicetak oleh Yury Gazinskiy.

Rusia berhasil menutup babak pertama dengan skor 2-0. Denis Cheryshev mencetak gol kedua Rusia usai memanfaatkan umpan dari Roman Zobnin di menit 43.

Arab makin tertekan di paruh kedua, Rusia menyarangkan tiga gol tambahan lewat Artem Dzyuba, Cheryshev dan Aleksandr Golovin. Atas kemenangan ini, Rusia sementara memuncaki klasemen Grup A dengan raihan tiga poin.

Berikut fakta menarik dari kemenangan Rusia, seperti dilansir Opta:

1. Kemenangan 5-0 membuat Rusia mencatat skor terbesar kedua di laga pembuka Piala Dunia sebagai tuan rumah. Sebelumnya Italia mencetak kemenangan besar sebagai tuan rumah di Piala Dunia 1934 dengan menumbangkan Amerika Serikat 7-1.

2. Rusia kembali mencetak tiga gol lebih di Piala Dunia. Terakhir kali Rusia melakukannya terjadi di Piala Dunia 1994, ketika mengalahkan Kamerun 6-1.

3. Artem Dzyuba hanya butuh 89 detik di lapangan untuk mencetak gol. Ia menjadi pemain pengganti tercepat yang bikin gol sejak Marcin Zewlakow (Polandia) ke gawang Amerika Serikat di Piala Dunia 2002 dalam tempo 64 detik.

4. Denis Cheryshev menjadi pemain pengganti pertama yang bisa mencetak gol di laga perdana sepanjang sejarah Piala Dunia.

5. Yuri Gazinskiy menjadi pemain yang bisa mencetak gol lewat shot on target pertamanya di Piala Dunia. Terakhir kali, hal tersebut dilakukan oleh pemain Jerman, Philipp Lahm, di Piala Dunia 2006.

6. Sergei Ignashevich mencatatkan diri sebagai pemain tertua Rusia yang tampil di Piala Dunia dengan usia 38 tahun 355 hari.