Menghitung modal politik Amien Rais jika melawan Jokowi

Rabu,13 Juni 2018 - 13:31:51 WIB

Amien Rais. ©2012 Merdeka.com

Riauaktual.com - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais telah menyatakan siap maju menjadi Capres 2019. Amien maju Pilpres lantaran tak ingin Joko Widodo kembali menjadi presiden di periode selanjutnya.

Bahkan dia menantang Jokowi dalam perebutan kursi RI 1 pada periode mendatang. Lalu jika Amien benar maju di Pilpres 2019 modal apakah yang dikantongi untuk melawan Jokowi? Berikut ulasannya:


1. Pendiri PAN

Amien Rais cukup percaya diri (PD) akan maju dalam bursa pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Hal tersebut tentu karena dia mempunyai modal politik untuk memuluskan rencananya.

Salah satunya adalah karena dia merupakan pendiri Partai Amanat Nasional (PAN). Di mana PAN salah satu partai terbesar di Indoensia yang mempunyai basis masa lumayan banyak. Dengan begitu dia punya kendaraan untuk maju menjadi capres.


2. Pernah nyapres

Amien Rais cukup berpengalaman dalam ajang pemilihan presiden. Sebab, dia bukan kali ini saja mencalonkan diri sebagai presiden. Beberapa tahun silam tepatnya 2004, dia pernah juga mencalonkan diri sebagai orang nomor satu di republik ini.

Untuk itu dia sudah mempunyai massa sendiri yang bakal memilihnya dalam pilpres kali ini. Kala itu dia berpasangan dengan Siswono Yudhohusodo, untuk melawan Megawati Soekarnoputri-Hasyim Muzadi dan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla. Tapi sayang dia gagal dan pilpres dimenangkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla.


3. Mantan PP Muhamadiyah

Seluruh anggota PAN sangat mendukung Amien Rais maju dalam Pilpres 2019. Amien dinilai memiliki kapasitas kepemimpinan untuk membawa perjuangan bangsa Indonesia.

Terlebih Amien pernah menjadi ketua umum pimpinan pusat Muhamadiyah, sehingga mempunyai basis massa yang cukup untuk memilihnya sebagai presiden.

 

Sumber : merdeka.com